Hanya pakai 2 jenis minyak, ini cara membuat masker untuk lembapkan rambut kering pria

Hanya pakai 2 jenis minyak, ini cara membuat masker untuk lembapkan rambut kering pria

Brilio.net - Masalah rambut kering tak hanya dialami wanita saja, pria pun ternyata juga rentan mengalami rambut kering. Penyebab rambut kering pada pria dan wanita tidak jauh berbeda. Pada pria, rambut kering terjadi ketika kulit kepala kering sehingga tidak bisa memproduksi minyak alami yang cukup. Padahal, keberadaan minyak alami bertujuan untuk melembapkan rambut.

Kelenjar sebaceous atau yang dikenal dengan sebum dalam folikel rambut berfungsi untuk menghasilkan minyak alami serta melembapkan dan melindungi helaian rambut. Umumnya, pria dengan rambut keriting cenderung lebih sering mengalami rambut kering. Hal ini karena sebum tidak dapat mencapai ujung rambut layaknya pada pria dengan rambut lurus atau bergelombang. Meski mengganggu, rambut kering pria bukan menandakan suatu kondisi medis yang serius.

Untuk mengatasinya pria perlu melakukan perawatan rambut guna terhindar dari kerusakan rambut yang diakibatkan rambut kering. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mengatasi rambut kering pada pria, pasalnya kamu bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut kering. Seperti yang dibagikan salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @brownboyselfcare pada (11/4/2022).

"How I make my homemade hair mask (Cara membuat masker rambut buatan sendiri)," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @brownboyselfcare, Minggu (5/3).

Melalui video unggahan berdurasi 22 detik tersebut pemilik akun membagikan cara membuat masker untuk lembapkan rambut kering pria hanya dengan 2 jenis minyak, yakni kelapa dan tea tree oil atau minyak daun teh.

Cara membuat masker rambut kering pria pakai 2 jenis minyak Berbagai sumber

Cara membuat masker rambut kering pria pakai 2 jenis minyak
freepik.com

Minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa mampu melembapkan rambut. Nah, ketika rambut menjadi lembap, ia akan tampak lebih bersinar dan berkilau.

Sementara tea tree oil dapat membantu memelihara akar rambut dan membuatnya lebih kuat. Penggunaan tea tree oil secara teratur dapat menjaga pertumbuhan rambut yang baik dengan mengurangi rambut rontok dan masalah terkait kekeringan pada rambut. Bahkan tea tree oil juga membantu menjaga minyak alami yang ada di kulit kepala.

Tea tree oil juga dapat merawat rambut kering dan rusak serta menjaganya tetap sehat dan bersinar. Kulit kepala yang lembap dan sehat dapat mendorong pertumbuhan rambut yang lebih baik. Kedua bahan tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membuat masker. Berikut cara membuatnya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES