Hanya pakai 2 bahan alami, ini cara lembutkan rambut yang patah dan bercabang akibat diwarnai

Hanya pakai 2 bahan alami, ini cara lembutkan rambut yang patah dan bercabang akibat diwarnai

Brilio.net - Mewarnai rambut bisa membuat wajah tampak semakin segar dan cerah. Namun, di balik warna yang cantik tersebut, terdapat dampak negatif terhadap rambut apabila tidak rajin merawatnya.

Bahan kimia yang ada di dalam cat bisa membuat rambut rusak. Batang rambut menjadi kering, mudah patah, bahkan bercabang. Mengutip MedicalNewsToday, pewarna atau cat rambut adalah zat topikal yang mengubah warna rambutsementara, semi permanen, atau permanen.

Kebanyakan pewarna rambut permanen menggunakan kombinasi amonia, hidrogen peroksida, dan p-phenylenediamine (PPD) untuk mewarnai rambut. Amonia membuka lapisan protein di rambut, sehingga cat rambut dapat melapisi batang rambut. Hidrogen peroksida menghilangkan warna alami rambut, dan PPD mengikat rambut untuk mengubah warnanya sesuai yang diinginkan. Zat ini lah yang akan berpengaruh buruk untuk kesehatan rambutmu.

Oleh sebab itu, rambut berwarna perlu penanganan ekstra. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan produk-produk untuk menutrisi rambut sebelum, selama proses pewarnaan, hingga setelah diwarnai. Selain menggunakan berbagai haircare yang dijual di pasaran, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami disekitarmu lho.

Cara lembutkan rambut patah dan bercabang akibat diwarnai pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @febbyfly pada (17/1) lalu. Dalam unggahannya tersebut ia memberikan cara lembutkan rambut yang patah dan bercabang akibat diwarnai pakai 2 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah lidah buaya dan minyak kelapa.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES