Hanya butuh 4 bahan dapur, ini cara membuat hair mask untuk melembutkan rambut keriting pada pria

Hanya butuh 4 bahan dapur, ini cara membuat hair mask untuk melembutkan rambut keriting pada pria

Brilio.net - Bagi para pria yang memiliki rambut keriting memang menjadi sebuah keunikan tersendiri. Namun dibalik keunikannya, rambut keriting rentan mengalami permasalahan, seperti kering, kusut, dan sulit untuk diatur, dibandingkan dengan rambut lurus.

Jika tetap dibiarkan, maka lambat laun rambut akan menjadi semakin rusak. Oleh karena itu, pria yang memiliki rambut keriting atau ikal membutuhkan perawatan lebih kompleks daripada jenis rambut lurus atau tipe rambut lainnya.

Jenis rambut keriting pria sangat beragam berdasarkan tingkat ikalnya. Ada yang memiliki banyak iklan sehingga membentuk lengkungan kecil-kecil dan ada yang memiliki sedikit ikal, yang membentuk rambut bergelombang.

Jika dibandingkan dengan jenis rambut lurus atau rambut gondrong, cara merawat rambut keriting pada pria ini mungkin akan lebih rumit, sekalipun itu rambut pendek.

Nah, untuk membuat rambut keriting pria lebih lembut dan mudah diatur mungkin kebanyakan orang akan menggunakan beragam produk haircare dan melakukan perawatan di salon. Padahal ada cara yang lebih ramah di kantong dan minim risiko, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan yang bisa kamu temui di dapur. Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @pippuveendran.

"DIY Curly Hair Mask (DIY membuat masker rambut keriting)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @pippuveendran, Rabu (1/3).

Dalam video unggahan berdurasi 33 detik tersebut pemilik akun membagikan cara membuat hair mask untuk melembutkan rambut keriting pada pria dengan 4 bahan dapur, yakni telur, minyak zaitun, minyak kelapa, dan madu.

Telur bukan hanya jadi sumber protein yang membantu menutrisi tubuh, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Pasalnya telur mengandung protein, vitamin, dan biotin yang mampu memperbaiki rambut rusak sekaligus menutrisinya.

Telur mengandung protein yang disebut dengan keratin untuk merawat serta melembapkan dan menghaluskan rambut rusak dan kering pada rambut keriting. Di samping itu, kandungan asam folat juga membantu mengendalikan rambut kusut.

Begitupun dengan minyak zaitun yang memiliki kandungan vitamin E dan K yang baik untuk kesehatan rambut, terutama untuk memberikan kelembapan rambut. Oleh karena itu, minyak zaitun cocok untuk orang-orang yang memiliki rambut keriting atau sangat kering. Ini karena, tekstur rambut tersebut secara alami lebih cepat kehilangan kelembapan dan mudah kusut sehingga memerlukan banyak nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun.

Sementara minyak kelapa sangat bagus digunakan untuk mengatur rambut keriting dan mencegah rambut kusut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mampu mencegah air pada rambut menguap dan menyebabkan kering. Dengan begitu, minyak kelapa akan diserap rambut sehingga membuatnya lebih lembut.

Sedangkan madu memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu melembapkan dan mengunci kadar air pada batang rambut. Berkat kandungannya yang sangat melembapkan, madu dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut "singa". Cocok untuk kamu yang punya tekstur rambut mudah mengembang, seperti rambut keriting alami atau diwarnai. Nah, setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan, kini kamu bisa menyimak cara membuat maskernya di bawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES