Cuma pakai 4 bahan dapur, begini cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak

Cuma pakai 4 bahan dapur, begini cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok @rafigreco pada (21/10/2022) lalu. Dalam video unggahannya tersebut, pemilik akun memberikan cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak pakai empat bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah kuning telur, peppermint oil, madu, dan cuka apel.

"Natural shampoo for OILY hair DIY (DIY sampo alami untuk rambut BERMINYAK)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @rafigreco, Rabu (5/4).

Cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan vitamin A, vitamin E, biotin, folat, dan zat besi pada kuning telur bisa menjadi ramuan ampuh untuk rambut. Para peneliti menyatakan bahan-bahan tersebut penting untuk pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat.

Telur juga mengandung lesitin yang bisa membantu melembapkan sekaligus menguatkan rambut. Lesitin berfungsi sebagai emolien yang membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga. Bahkan, kandungan lesitin juga mampu mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. Karena itu, rambut lebih lembut, mudah diatur, dan lebih berkilau.

Sementara peppermint oil mengandung senyawa yang disebut menthol. Kandungan menthol ini bertanggung jawab atas berbagai manfaat di minyak tersebut. Menthol juga memberi rasa, aroma, dan sensasi dingin pada peppermint.

Manfaat minyak peppermint akan sangat luar biasa jika digunakan pada rambut berminyak. Jenis minyak ini akan membersihkan dan menyegarkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami rambut. Minyak ini akan menyeimbangkan produksi sebum kulit kepala, membuat rambut terawat dan terhidrasi dengan baik.

Begitupun dengan madu yang mengantongi beragam kandungan, seperti mineral, vitamin, protein, serta antioksidan. Berkat kandungan tersebut, madu dapat mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe, gatal-gatal, dan berminyak. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalam madu membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, lembap, dan tidak mudah kering.

Sedangkan cuka apel juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa membersihkan kulit kepala dan kotoran yang menumpuk. Penyebab ketombe diketahui karena bakteri yang tumbuh di kulit kepala dan dipenuhi kotoran seperti debu, minyak, dan lainnya. Setelah mengetahui manfaat dari bahan-bahan yang telah disebutkan, yuk simak cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak berikut ini.

Bahan:

Cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@rafigreco

1. 2 butir kuning telur
2. Cuka apel secukupnya
3. 10 tetes peppermint oil
4. 1 sendok teh madu
5. Air secukupnya

Cara membuat:

Cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@rafigreco

1. Campur bahan-bahan di atas ke dalam wadah lalu aduk sampai merata.
2. Aplikasikan pada seluruh rambut sembari digosok-gosok dan pijat pada bagian kulit kepala
3. Diamkan selama 3-5 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
4. Lanjutkan dengan penggunaan kondisioner untuk melembutkan rambut
5. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang halus dan bebas lepek.

Video yang berisi cara membuat sampo alami untuk atasi rambut berminyak pakai empat bahan dapur ini berhasil menyedot perhatian para pengguna TikTok. Lantaran caranya yang mudah, video ini pun sudah ditonton ribuan kali dan mendapat puluhan tanda suka.

@rafigreco #naturalshampoo #naturalproducts #natural #rawhoney #animalbased original sound -

(brl/mal)

tags

STORIES