Cuma pakai 2 bahan dapur, ini cara mengatasi rambut rontok dan kusam agar lebat sekaligus berkilau

Cuma pakai 2 bahan dapur, ini cara mengatasi rambut rontok dan kusam agar lebat sekaligus berkilau

Brilio.net - Bagian tubuh lainnya yang kerap mendapatkan perhatian lebih adalah rambut. Bagi sebagian orang, rambut merupakan mahkota yang memang harus dirawat agar keindahannya terjaga. Maka tak heran jika banyak orang yang melakukan styling rambut.

Karena pada dasarnya, rambut yang indah dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun karena seringnya terpapar alat styling dan produk-produk kimia seperti pewarna rambut membuat rambut jadi rentan rusak.

Biasanya rambut rusak disebabkan karena kurangnya merawat rambut, seringnya terpapar sinar matahari, penggunaan alat styling berlebihan, hingga kebiasaan sehari-hari. Salah satu permasalahan umum yang diakibatkan oleh rambut rusak adalah rontok dan kusam. Tentu kondisi ini menjadi tidak nyaman, bahkan jika tidak diatasi segera dapat menyebabkan kebotakan.

Selain rontok, rambut kusam juga menjadi permasalahan sendiri. Dilansir dari Healthline, rambut bisa menjadi kusam seiring waktu karena ada penumpukan residu (sisa produk) dari penggunaan sampo, kondisioner, dan sebagainya yang selama ini digunakan.

Saat menggunakan sampo atau produk perawatan rambut dan kulit kepala, residu dapat menumpuk dan menghalangi aliran alami minyak yang menutrisi batang rambut. Jika itu terus terjadi, maka rambut bisa menjadi kurang kuat dan terlihat lebih kusam.

Cara mengatasi rambut rontok dan kusam agar lebat sekaligus berkilau pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

Cara mengatasi rambut rontok dan kusam agar lebat sekaligus berkilau pakai 2 bahan dapur
TikTok/@zuriaty_musa

Nah, jika kamu mengalami masalah seperti ini, tak perlu khawatir, karena kamu bisa lho merawat rambut agar kembali lebat, bebas rontok, dan berkilau menggunakan bahan-bahan alami, seperti yang dibagikan pengguna TikTok @zuriaty_musa.

"Atasi masalah rambut," tulisnya dalam video yang diunggah, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @zuriaty_musa, Selasa (28/2).

Dalam video unggahan berdurasi 18 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara mengatasi rambut rontok dan kusam agar lebat sekaligus berkilau cuma pakai 2 bahan dapur, yakni aloe vera gel dan minyak zaitun atau olive oil.

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang dikenal akan manfaatnya untuk tubuh manusia, termasuk untuk memperindah rambut. Hal ini dikarenakan, lidah buaya kaya akan kandungan vitamin A, C, E, B12, dan kolin. Kandungan tersebut dipercaya baik untuk rambut khususnya yang mengalami masalah rambut rontok dan kering.

Cara mengatasi rambut rontok dan kusam agar lebat sekaligus berkilau pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

Cara mengatasi rambut rontok dan kusam agar lebat sekaligus berkilau pakai 2 bahan dapur
TikTok/@zuriaty_musa

Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan senyawa kimia aloenin pada lidah buaya sangat baik untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin B12 dan asam folat dapat menjaga rambut agar tidak mudah rontok. Bahkan kandungan vitamin dalam lidah buaya juga mampu membuat rambut tampak berkilau alami.

Sementara minyak zaitun dapat memberikan kelembapan pada rambut yang kering dan kusam sekaligus menambah kilau alami pada rambut. Asam oleat pada minyak zaitun memberikan sifat emolien, membuatnya lebih mudah menyerap ke tiap helai batang rambut dan mengunci kelembapannya.

Minyak zaitun diyakini juga dapat mengatasi rambut rontok. Ini berkat kandungan antioksidan dalam minyak zaitun berperan dalam mengurangi stres oksidatif penyebab kerontokan rambut.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES