Cuma butuh 4 bahan dapur, ini trik atasi rambut kusut agar mudah diatur dan bebas kusam

Cuma butuh 4 bahan dapur, ini trik atasi rambut kusut agar mudah diatur dan bebas kusam

Mungkin kamu bisa menemukan berbagai produk hair mask di pasaran yang diformulasikan untuk mengatasi rambut kusut. Namun tak ada salahnya jika kamu juga melakukan perawatan sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Meskipun bahan alami, namun khasiatnya tak kalah efektif lho.

Seperti halnya yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @iraalbin pada (14/5/2020) lalu. Melalui videonya itu, pemilik akun membagikan trik atasi rambut kusut agar mudah diatur dan bebas kusam pakai 4 bahan dapur. Bahan-bahan dapur yang digunakan diantaranya adalah minyak kelapa, minyak zaitun, cuka apel, dan bubuk kayu manis.

"DIY vegan hair mask," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @iraalbin, Jumat (12/5).

Trik atasi rambut kusut agar mudah diatur dan bebas kusam pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang terbukti lebih ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein. Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi. Terlebih lagi, lemak tersebut juga berpotensi menjaga kelembapan rambut agar tidak terlihat kering dan kusam.

Sementara minyak zaitun memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, E, dan K, hingga asam lemak yang diyakini mampu menutrisi, melembutkan, hingga melembapkan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun juga dipercaya dapat membantu menyehatkan rambut sekaligus menyingkirkan radikal bebas yang menjadi penyebab rambut rusak. Selain itu, minyak zaitun untuk rambut kering juga dapat membuatnya terhidrasi sehingga rambut jadi lebih mudah diatur.

Sedangkan cuka apel mengandung antimikroba yang dapat mencegah masalah kulit kepala seperti jamur atau bakteri. Selain itu, terdapat kandungan vitamin yang berpengaruh pada kesehatan rambut. Cuka apel juga mengandung mineral seperti mangan, kalsium, potasium dan besi. Bahkan, produk yang satu ini cocok untuk semua jenis rambut.

Cuka apel mengandung asam asetat dalam jumlah yang cukup baik. Dengan kandungan ini, rambut yang terlihat kusam, rapuh, atau kaku membantu menurunkan pH dan mengembalikan kesehatan rambut. Manfaat cuka apel untuk rambut yang berikutnya adalah untuk menghaluskan dan mencegahnya tidak kusut. Penggunaan cuka apel terbilang cocok untuk kamu yang memiliki rambut kaku dan tebal.

Tak terkecuali dengan kayu manis yang juga tinggi kandungan serat, mangan, kalsium, dan zat besi. Kayu manis juga mengandung procyanidins yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antijamur. Ini dapat membantu melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan radikal bebas, iritasi, peradangan, dan mencegah ketombe.

Nah, dari bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuatnya sebagai masker untuk merawat rambutmu yang kusut. Berikut cara membuatnya.

Trik atasi rambut kusut agar mudah diatur dan bebas kusam pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@iraalbin

Bahan:

1. 2 sendok makan minyak kelapa.
2. 2 sendok makan minyak zaitun.
3. 1 sendok makan cuka apel.
4. 1 sendok makan bubuk kayu manis.

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan tersebut pada sebuah wadah lalu aduk sampai merata.
2. Aplikasikan keseluruh rambut mulai dari ujung hingga pangkalnya, tak terkecuali bagian kulit kepala.
3. Pijat-pijat perlahan agar masker buatanmu meresap.
4. Gulung rambut lalu diamkan selama 1-4 jam.
5. Bilas menggunakan air sampai bersih dan lanjutkan dengan sampo serta kondisioner.
6. Gunakan secara rutin setiap sebelum keramas untuk hasil yang optimal.

Trik atasi rambut kusut agar mudah diatur dan bebas kusam pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@iraalbin

Video yang diunggah pemilik akun TikTok @iraalbin ini pun viral, bahkan hingga kini videonya sudah dilihat sebanyak 26,4 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.500 likes.

@iraalbin DIY vegan hair mask #fyp #foryou #viral #hairmask #diy #hairtips #hairdiy #beautytips #veganhaircare #haircare #vegan #healthyhair #hairhack original sound -

(brl/far)

tags

STORIES