Cegah mengembang, ini cara membuat deep conditioner untuk atasi rambut kering pakai 2 bahan dapur

Cegah mengembang, ini cara membuat deep conditioner untuk atasi rambut kering pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Tak hanya wajah, rambut juga merupakan salah satu bagian dari tubuh yang perlu dirawat. Lantaran rambut biasa dijuluki mahkota yang bisa dilihat oleh orang lain. Selain itu, rambut juga rentan terhadap masalah tertentu yang disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya seperti rambut rontok akibat faktor genetik.

Masalah lain yang juga kerap terjadi yaitu ketombe. Diketahui, hal tersebut bisa diakibatkan oleh sensitivitas kulit kepala terhadap paparan suatu produk. Untuk itu, rambut harus dijaga kesehatannya.

Selain itu, tampilan rambut juga perlu diperhatikan. Tak heran jika sejumlah orang memilih untuk menata gaya rambut seperti mewarnai dan melakukan perawatan tertentu. Namun, karena seringnya terpapar suhu panas dan produk kimia dari styling rambut, bagian tubuh ini jadi rentan kering, kusut, hingga rontok.

Rambut kering terjadi saat kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut, atau rambut kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula (lapisan pelindung rambut). Pemilik rambut kering pasti familiar dengan kondisi ini. Seperti rambut mengembang saat tertiup angin dan tidak kembali kempis, rambut menjadi kusut saat bangun pagi, serta rambut terbelah atau ujungnya pecah.

Nah, perawatan paling basic yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kondisioner sehabis keramas. Pilihlah kondisioner yang tepat agar rambut terasa lebih halus, lembut, dan berkilau kembali. Selain bisa membeli produk kondisioner di pasaran yang diformulasikan untuk rambut kering, namun tak ada salahnya jika membuat deep conditioner sendiri untuk memaksimalkan perawatan rambut kering.

Salah satunya seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @miached pada 30 Januari 2021 lalu. Video unggahan tersebut membahas tentang cara membuat deep conditioner untuk atasi rambut kering pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah minyak zaitun dan madu.

"DIY deep conditioner," tulisnya sebagai keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @miached, Rabu (17/5).

Cara membuat deep conditioner untuk atasi rambut kering pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga dipercaya dapat menjaga dan merawat rambut agar tampak indah dan sehat. Semua itu berkat kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene di dalam minyak zaitun. Ketiga kandungan utama minyak zaitun tersebut dipercaya mampu menutrisi dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan antibakteri yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kelembapan kulit kepala. Kandungan asam oleat dan asam palmitat pada minyak zaitun dipercaya dapat melapisi dan menutrisi lapisan luar rambut, sehingga membuat rambut menjadi lebih lembap, halus, dan mudah diatur. Minyak zaitun juga membantu mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut, sehingga mengurangi risiko rambut mengembang.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES