Cegah kusut dan kusam, begini trik mencuci rambut yang tepat setelah berenang

Cegah kusut dan kusam, begini trik mencuci rambut yang tepat setelah berenang

Brilio.net - Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Namun, kamu yang suka berenang perlu merawat kulit dan rambut secara ekstra. Pasalnya, air kolam renang mengandung bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak kulit dan rambut. Di balik jernihnya air kolam renang, ada berbagai bahan kimia yang ditambahkan untuk membunuh bakteri, kuman, dan lumut di dalamnya.

Di balik jernihnya air kolam renang, ada berbagai bahan kimia yang ditambahkan untuk membunuh bakteri, kuman, dan lumut di dalamnya. Bahan tersebut biasa disebut klorin atau kaporit. Ada berbagai jenis klorin atau kaporit untuk kolam renang, yakni klorin cair, klorin padat yang mudah larut, dan gas klorin untuk kolam renang yang berukuran sangat besar. Meski berguna untuk membunuh bakteri, klorinasi yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kulit dan rambut.

Bukan rahasia lagi jika klorin atau kaporit yang biasanya digunakan sebagai disinfektan atau zat pemutih bisa merusak kulit dan rambut, karena bahan kimia tersebut mampu memecah kutikula yakni lapisan pelindung terluar dari batang rambut. Imbasnya, membuat rambut jadi kering dan rapuh, dan meningkatnya risiko terjadinya perubahan warna, dan menghilangkan minyak alami rambut.

Trik mencuci rambut yang tepat setelah berenang Berbagai sumber

foto: TikTok/@mermaid_rizka

Nah, untuk mengatasinya kamu harus segera mencuci rambut setelah berenang. Namun, mencuci rambut setelah berenang tidak boleh sembarangan, sebab klorin atau kaporit yang menempel pada rambut bisa saja tidak hilang sepenuhnya.

Lantas bagaimana cara mencuci rambut yang benar? Yuk, simak trik mencuci rambut yang tepat setelah berenang seperti yang telah dibagikan oleh salah satu pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @mermaid_rizka.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES