Cara mudah membuat minyak kemiri untuk atasi masalah rambut

Cara mudah membuat minyak kemiri untuk atasi masalah rambut

Brilio.net - Minyak kemiri merupakan salah satu minyak yang cukup populer digunakan perawatan rambut. Minyak yang berasal dari ekstrak hazelnut ini merupakan gabungan dari asam lemak, protein, dan vitamin. Semua kandungan tersebut memberikan sejumlah manfaat bagi rambut, terutama melembapkan.

Tidak hanya itu, minyak kemiri ini memiliki kandungan asam linoleat yang bekerja mengurangi kehilangan air karena sifat asam lemak. Ketika minyak kemiri dioleskan pada rambut, secara langsung minyak tersebut bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan pada kepala, seperti menghilangkan ujung rambut yang kering dan rapuh, merawat rambut kering, menghaluskan, mengatasi rambut kering, dan membuat rambut mudah diatur.

Melihat begitu manfaat yang diperoleh jika menggunakan minyak kemiri, maka dari itu tidak heran bahan alami yang satu ini banyak diminati oleh banyak orang. Terlebih saat ini brand kecantikan sudah banyak yang mengeluarkan produk minyak kemiri. Namun, tidak ada salahnya jika kamu membuat minyak kemiri sendiri di rumah.

Cara membuat minyak kemiri ini pun cukup mudah. Kamu bisa menyontek cara yang dibagikan oleh pengguna TikTok bernama Lucyola dengan akun @lucyolachristiana pada, 16 Juni 2020 lalu.

"ini caranya ya kdng klo beli kita g tau itu bnran asli/gak minyak kemirinya krn kebayang kan 1kg aja jdnya hnya 1gls," keterangan dalam video tersebut, dikutip briliobeauty.net dari TikTok @lucyolachristiana pada, Rabu (18/1).

cara mudah membuat minyak kemiri Berbagai sumber

foto: TikTok/@lucyolachristiana

Cara pertama yang perlu kamu siapkan adalah kemiri sebanyak satu kilogram dan air bersih secukupnya. Cara kedua yaitu tumbuk kemiri tersebut menggunakan ulekan hingga setengah halus. Jika sudah, haluskan kembali menggunakan mixer dan tambahkan air secukupnya.

cara mudah membuat minyak kemiri Berbagai sumber

foto: TikTok/@lucyolachristiana

"Dengan air perbandingan 1:1," jelasnya.

cara mudah membuat minyak kemiri Berbagai sumber

foto: TikTok/@lucyolachristiana

Cara ketiga, jika sudah halus, saring kemiri tersebut menggunakan kain tipis bersih dan peras. Tahapan berikutnya yaitu masak air rebusan hingga minyak kemiri keluar. Jika sudah masukkan minyak kemiri pada botol. Sebelum masukkan ke botol, saring terlebih dahulu minyak kemiri tersebut.

"Minyaknya ambil bagian atas2nya aja," keterangan dalam video.

cara mudah membuat minyak kemiri Berbagai sumber

foto: TikTok/@lucyolachristiana

Dengan menggunakan tiga langkah kamu bisa mendapatkan minyak kemiri, kurang lebih satu gelas banyaknya. Nah, satu gelas ini cukup untuk pemakaian selama satu bulan.

"pemakaian 2x seminggu," imbuh @lucyolachristiana.

Video yang menunjukkan cara membuat minyak kemiri itu pun mencuri perhatian netizen. Bahkan, video yang mendapatkan like 327 ribu pengguna TikTok itu dibanjiri berbagai komentar.

"nggak heran harga minyak kemiri lumayan mahal," komentar akun @wul.

"OKE GW BESOK MAU BUAT MINYAK KEMIRI BUAT RAMBUT GW BIAR GONDRONG," tulis akun @Azharsalim.

"Kakak aku pernah buat minyak kemiri untuk rambut anak ny, tapi bauk minyak nya kayak nggk enak gitu:(," komentar akun @xixixi.

"waduh kl aq sebagai ibu RT liat kemiri sekilo cuma jd 2 botol kecil minyak gt, akhirnya menangis deh," imbuh akun @jeLita.sejubah.

@lucyolachristiana Reply to @dwimeganovian ini caranya ya kdng klo beli kita g tau itu bnran asli/gak minyak kemirinya krn kebayang kan 1kg aja jdnya hnya 1gls #fyp original sound - Ripan Julian


(brl/lin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES