Cara membuat masker untuk atasi rambut rusak ini cuma pakai 6 bahan, bebas kusut seharian

Cara membuat masker untuk atasi rambut rusak ini cuma pakai 6 bahan, bebas kusut seharian

Brilio.net - Rambut kering dan rusak adalah masalah umum yang paling sering dialami kebanyakan orang, khususnya kaum hawa. Penyebabnya pun beragam, seperti kebiasaan merawat dan menata rambut yang kurang tepat, cuaca, atau penggunaan bahan kimia pada rambut. Bahkan, tinggal di iklim tropis dengan paparan sinar matahari yang terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Tanda umum yang paling mudah diketahui jika rambut kamu rusak adalah mudah kusut. Selain itu, rambut juga akan mudah rontok, kering, dan bercabang. Kerusakan rambut kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri bagi siapapun yang mengalaminya. Nah, untuk memperbaikinya, kamu bisa mencoba rangkaian perawatan rambut yang dapat dilakukan di rumah.

Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami dan produk-produk haircare milikmu untuk mengembalikan kesehatan rambutmu. Seperti yang dibagikan salah satu pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @beautybypriscila pada (16/1).

Dalam video yang diunggah tersebut pemilik akun membagikan cara membuat masker untuk atasi rambut rusak cuma pakai 6 bahan. Bahan-bahan yang digunakan diantaranya, tepung maizena atau tepung jagung, minyak kelapa, minyak alpukat atau avocado oil, madu, kondisioner, dan aloe vera gel.

"Aloe Vera and Cornstarch Hair Mask For Dry and Damaged Hair (Masker Rambut Aloe Vera dan Tepung Jagung Untuk Rambut Kering dan Rusak)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautybypriscila, Selasa (7/3).

Kandungan tepung maizena memiliki berbagai bermanfaat, termasuk vitamin A, B, C, dan E serta berbagai mineral seperti seng, magnesium, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini dibutuhkan rambut agar tetap sehat untuk jangka waktu panjang. Tepung maizena juga dapat membantu mengurangi rambut kusut dengan menjadi lapisan pelindung tambahan bagi helai rambut.

Sementara minyak kelapa mengandung asam laurat yang mampu mengatasi kerusakan rambut. Asam ini bekerja dengan menghasilkan protein yang nantinya meresap sampai ke batang rambut. Proses inilah yang membantu perbaikan rambut yang telah rusak. Begitupun dengan avocado oil yang memiliki sifat emolien berkat tingginya kandungan asam lemak atau fatty acids di dalamnya. Fatty acids ini bisa membantu memperkuat batang rambut dan mencegah kerusakan akibat berbagai faktor.

Cara membuat masker untuk atasi rambut rusak cuma pakai 6 bahan Berbagai sumber

Cara membuat masker untuk atasi rambut rusak cuma pakai 6 bahan
freepik.com

Madu juga merupakan bahan alami yang memiliki sifat humektan sehingga dapat menambah kelembapan pada helaian rambut yang kering. Dengan begitu, kondisi rambut lembap dapat mengembalikan kilau alami rambut.

Selain madu, aloe vera gel pun bisa digunakan untuk merawat rambut kering yang rusak. Tak hanya untuk merawat rambut kering, lidah buaya juga dipercaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, misalnya akibat paparan sinar matahari.

Sedangkan kondisioner merupakan salah satu produk hair care yang dapat melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula rambut. Kutikula mengontrol kandungan air pada serat rambut dan melindungi lapisan terdalamnya yang memberikan kekuatan dan tekstur pada rambut. Kondisioner bekerja dengan menghaluskan kutikula ini, jadi rambutmu tampak halus, berkilau, dan sehat.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES