Bukan pakai tea tree oil, ini cara mengatasi rambut lepek dan berketombe dengan 1 jenis sumber protein

Bukan pakai tea tree oil, ini cara mengatasi rambut lepek dan berketombe dengan 1 jenis sumber protein

Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan pakai tea tree oil, karena ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh untuk mengatasi masalah rambut lepek dan ketombe. Seperti unggahan dari akun TikTok @angel_clark__ pada 15 Maret 2022. Unggahan tersebut berisi tentang cara mengatasi rambut lepek dan berketombe dengan 1 jenis sumber protein. Sumber protein yang dimaksud adalah putih telur. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu lemon.

"Would you try this hair mask? (Maukah kamu mencoba masker rambut ini?)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @angel_clark__, Kamis (31/8).

Atasi lepek dan berketombe dengan 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dikutip dari Healthline, beberapa orang mengklaim bahwa menggunakan masker rambut putih telur dapat membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih, memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan, dan melawan ketombe. Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, E, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Selain vitamin, mineral, dan protein, telur juga memiliki kandungan lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan lesitin. Dikutip dari Mayo Clinic, lemak sehat mampu memberikan hidrasi pada rambut sehingga membuatnya tetap lembap. Itu sebabnya, manfaat telur sangat baik untuk mengatasi rambut kering.

Bukan hanya rambut kering, telur juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut berminyak. Rambut berminyak justru mengarah pada masalah rambut lain, yakni ketombe atau masalah kutikula rambut. Penggunaan putih telur biasanya direkomendasikan untuk mengatasi rambut berminyak. Hal ini karena kemampuannya yang mampu menyerap minyak berlebih pada rambut.

Tak terkecuali dengan lemon yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi rambut berminyak dan berketombe. Lemon dikenal mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Selain itu, lemon mengandung asam sitrat, flavonoid, zat besi, vitamin B, serta zat pencerah alami, yang umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Berkat kandungan tersebut, manfaat lemon untuk rambut salah satunya adalah mengurangi rambut berminyak. Air perasan lemon mampu menyerap minyak sekaligus membersihkan minyak berlebih pada kulit kepala. Kandungan antijamur dari lemon bisa membantu merawat kulit kepala dan mencegah perkembangan ketombe. Acidity di dalamnya bisa menyeimbangkan pH pada kulit kepala dan mengurangi produksi sebum.

Atasi lepek dan berketombe dengan 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: TikTok/@angel_clark__

Nah, dengan kedua bahan yang sudah disebutkan tersebut kamu dapat membuat masker rambut yang diklaim mampu mengatasi rambut berminyak dan berketombe. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang lebih sehat dan antilepek. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Butir putih telur
2. 1 Buah perasan air lemon

Atasi lepek dan berketombe dengan 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: TikTok/@angel_clark__

Cara membuat:

1. Pisahkan putih telur dari kuningnya dan tuangkan pada wadah
2. Tambahkan perasan lemon kedalam putih telur
3. Aduk keduanya sampai tercampur merata, atau sampai berbusa
4. Aplikasikan masker ini pada bagian kulit akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
5. Gulung rambut lalu diamkan selama 30-60 menit
6. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
7. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang memuaskan.

@angel_clark__ Would you try this hair mask? #hair #hairtok #diy #hairtutorial original sound - Angel Clark| UGC Creator

(brl/far)

tags

STORIES