Bukan pakai hair tonic, ini cara atasi uban dan suburkan rambut hitam dengan 1 jenis rempah

Bukan pakai hair tonic, ini cara atasi uban dan suburkan rambut hitam dengan 1 jenis rempah

Jahe termasuk bahan alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Selain vitamin C dan magnesium, jahe juga memiliki kandungan lain, seperti gingerol, shogaol, dan zingerones.

Dari semua kandungan yang terdapat dalam jahe, gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang paling kuat dan berperan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Hal ini karena jahe bisa membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala, sehingga folikel rambut mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk dapat memproduksi rambut yang sehat dan kuat.

Bahkan, kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak yang ada dalam jahe juga bisa membantu memperkuat akar rambut sekaligus menghidrasi kulit kepala agar tidak kering. Jahe juga mengandung beberapa zat seperti magnesium, potasium hingga vitamin yang membantu mengatasi rambut beruban.

Sedangkan bawang merah, mampu menyuburkan rambut karena kandungan sulfur pada bawang merah. Sulfur adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Sulfur ditemukan dalam asam amino, komponen dalam protein. Protein, terutama keratin, dikenal kaya akan kandungan sulfur yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Bawang merah juga merupakan salah satu bahan dapur yang sudah lama digunakan sebagai cara menghilangkan rambut uban alami. Kandungan senyawa antioksidan pada bawang merah, yang disebut katalase, dapat membantu mengurangi hidrogen peroksida di akar rambut. Hal inilah yang dianggap dapat mencegah rambut agar tidak beruban.

Atasi uban dan suburkan rambut hitam dengan 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@arshaarmalie

Nah, cukup dengan kedua bahan tersebut kamu bisa membuat spray rambut yang diformulasikan untuk mengatasi uban dan menyuburkan rambut. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang hitam alami dan bebas rontok. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 siung bawang merah besar
2. Jahe secukupnya
3. Sedikit air

Atasi uban dan suburkan rambut hitam dengan 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@arshaarmalie

Cara membuat:

1. Kupas bawang merah dan jahe lalu cuci hingga bersih
2. Masukkan kedalam blender dan tambahkan sedikit air
3. Blender kedua bahan tersebut sampai benar-benar halus
4. Saring kemudian ambil airnya
5. Tuangkan kedalam botol spray lalu semprotkan pada bagian akar rambut dan kulit kepala
6. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap
7. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu saat malam hari sebelum tidur
8. Bilas saat pagi harinya menggunakan sampo dan kondisioner.

@arshaarmalie Replying to @naura comfirm lebat yang penting rajin konsisten @Arsha Armalie #diyarsha #diy #tiktok #skintok #fyp #viral #trendingviral #sharingiscaring #sharingbeauty #hairtonic #kreytinhairtonic #botak #tip #tips original sound - erma fatima

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES