Bukan pakai hair tonic, begini cara tumbuhkan rambut rontok sekitar dahi pakai 1 jenis bumbu dapur

Bukan pakai hair tonic, begini cara tumbuhkan rambut rontok sekitar dahi pakai 1 jenis bumbu dapur

Seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @almasalikhoso pada (18/8/2022) lalu. Dalam unggahannya, ia memberikan cara tumbuhkan rambut rontok sekitar dahi pakai 1 jenis bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan adalah bawang merah. Tak hanya bawang merah, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu biji fenugreek dan castor oil.

"Hairline Regrowth Mask (Masker Pertumbuhan Kembali Garis Rambut)," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @almasalikhoso, Selasa (20/6).

Cara tumbuhkan rambut rontok sekitar dahi pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu manfaat bawang merah untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut pada sebagian orang. Khasiat ini muncul berkat kandungan sulfur pada bawang merah. Sebuah teori menyatakan khasiat bawang merah untuk rambut berasal dari kandungan sulfur di dalamnya.

Sulfur adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Sulfur ditemukan dalam asam amino, komponen dalam protein. Protein, terutama keratin, dikenal kaya akan kandungan sulfur yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Mencegah rambut rontok juga menjadi manfaat bawang merah untuk rambut berikutnya. Ketika dioleskan pada kulit kepala dan rambut, bawang merah dapat memperkuat dan menebalkan rambut. Dengan demikian, masalah kerontokan rambut dapat dicegah.

Biji fenugreek juga merupakan salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk membantu menumbuhkan rambut rontok disekitar dahimu. Dalam fenugreek mengandung beberapa vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan rambut seperti protein, kalium, asam nikotinat, vitamin C, zat besi dan juga lecithin yang semuanya ini sangat dibutuhkan rambut.

Kandungan protein dalam fenugreek sangat baik digunakan sebagai cara mengurangi rambut rontok yang jika dibiarkan terus menerus akan berujung pada kebotakan. Kandungan asam nikotinat dalam fenugreek berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Sementara lecithin akan memberikan energi sehingga folikel rambut bisa diperkuat.

Begitupun dengan castor oil yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut secara alami. Kandungan asam lemak Omega-6, Omega-9, dan 90% asam risinoleat di dalamnya berguna melancarkan peredaran darah di kulit kepala, sehingga akar rambut jadi sehat dan kuat. Kandungan omega-6 dan 9 pada castor oil tersebut dapat menyerap hingga ke dalam akar rambut, menjaga rambut agar tetap sehat, dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat masker rambut guna membantumu untuk menumbuhkan rambut rontok sekitar dahi. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang lebat, bebas rontok, dan terhindar dari kebotakan. Yuk simak cara membuatnya.

Cara tumbuhkan rambut rontok sekitar dahi pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@almasalikhoso

Bahan:

1. 1 Siung bawang merah besar.
2. 1 Sendok makan biji fenugreek yang sudah dihaluskan.
3. 2 Sendok teh castor oil.

Cara membuat:

1. Kupas bawang merah lalu potong-potong dan haluskan.
2. Peras bawang merah lalu ambil sarinya.
3. Tuangkan pada wadah dan tambahkan biji fenugreek bubuk serta castor oil.
4. Aduk ketiga bahan sampai tercampur merata.
5. Aplikasikan pada rambut yang sudah bersih secara menyeluruh, khususnya rambut area dahi.
6. Gosok-gosok dan pijat dengan lembut sampai masker menyerap.
7. Diamkan selama 30-40 menit.
8. Bilas menggunakan air sampai bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner.
9. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Cara tumbuhkan rambut rontok sekitar dahi pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@almasalikhoso

Cara tumbuhkan rambut rontok sekitar dahi pakai 1 jenis bumbu dapur ini langsung viral. Bahkan sampai saat ini artikel ditulis, video tersebut sudah dilihat sebanyak 6.609 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 100 likes.

@almasalikhoso Hairline Regrowth Mask #remedy #lifehack #selfcare #selflove #hairregrowth #diy #naturalremedy #hairmask #haircare #hairgrowthtips original sound - Almas

(brl/far)

tags

STORIES