Bukan pakai daun rosemary, begini cara atasi rambut rontok dan rapuh dengan 1 jenis rempah dapur

Bukan pakai daun rosemary, begini cara atasi rambut rontok dan rapuh dengan 1 jenis rempah dapur

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Bukan pakai daun rosemary, karena ada bahan alami lain yang juga tak kalah efektif untuk mengatasi rontok dan rambut rapuh. Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @beautytips329 pada 22 Oktober 2021.

Video tersebut berisi tentang cara atasi rambut rontok dan rapuh dengan 1 jenis rempah dapur. Rempah dapur yang digunakan adalah jahe. Selain jahe, ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa.

"DIY Ginger Hair Oil (DIY Minyak Rambut Jahe)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautytips329, Senin (28/8).

Rambut rontok dan rapuh pakai 1 jenis rempah dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi, seperti yang briliobeauty.net kutip dari laman Healthline. Selain vitamin C dan magnesium, jahe juga memiliki kandungan lain, seperti gingerol, shogaol, dan zingerones.

Dari semua kandungan yang terdapat dalam jahe, gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang paling kuat dan berperan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Salah satu manfaat jahe adalah bisa mengurangi rambut rontok berkat aliran darah ke kulit kepala yang lancar. Bahkan, kandungan asam lemak di dalam jahe juga sangat baik untuk mempertebal rambut. Kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak dalam jahe juga bisa membantu memperkuat akar rambut sekaligus menghidrasi kulit kepala agar tidak kering.

Sementara minyak kelapa, adalah salah satu minyak terbaik untuk merawat rambut. Minyak yang berasal dari buah tropis ini bekerja dengan memenuhi protein di rambut. Salah satu manfaat minyak kelapa yang sudah terbukti adalah merawat rambut rontok. Penelitian dari Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research menyebutkan, minyak kelapa dapat menumbuhkan dan menebalkan rambut.

Minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mengatasi rontok yang berlebihan.

Rambut rontok dan rapuh pakai 1 jenis rempah dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@beautytips329

Nah, cukup dengan kedua bahan tersebut kamu dapat membuat hair oil yang diklaim mampu mengatasi berbagai permasalahan rambut. Termasuk rambut rontok dan mudah rapuh. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. Jahe secukupnya
2. 3 Sendok makan minyak kelapa

Rambut rontok dan rapuh pakai 1 jenis rempah dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@beautytips329

Cara membuat:

1. Kupas jahe lalu cuci sampai bersih
2. Iris-iris jahe menjadi bagian yang lebih kecil
3. Tuangkan minyak kelapa pada panci dan tambahkan jahe
4. Panaskan kedua bahan tersebut menggunakan api kecil
5. Tunggu hingga mendidih dan jahe agak kering
6. Matikan kompor lalu saring dan ambil minyaknya
7. Diamkan sampai dingin dan hair oil buatanmu siap digunakan
8. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh, khususnya pada akar rambut
9. Pijat-pijat dengan lembut dan diamkan selama 30-60 menit
10. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
11. Gunakan hair oil ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu setiap sebelum keramas.

@beautytips329 #Diy magic hair oil#beautytips #ThinkBigOwnBigger #foryoupage original sound - Beauty tips

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES