Bisa langsung hilang seketika, ini cara atasi ketombe kering hanya pakai 1 bahan dapur

Bisa langsung hilang seketika, ini cara atasi ketombe kering hanya pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Permasalahan rambut tidak hanya pada kerontokan saja, salah satunya adalah rambut berketombe. Kondisi rambut yang berketombe inilah sering dialami oleh banyak orang. Maka dari itu, cara atasi ketombe kering ini sangat dibutuhkan agar rasa percaya diri yang hilang kembali datang.

Hal ini tak bisa dimungkiri bahwa ketombe yang muncul di permukaan kulit kepala ini membuat rasa percaya diri hilang. Pasalnya, sering kali ketombe tersebut turun ke baju dan terlihat jelas jika menggunakan baju berwarna hitam. Tentunya hal tersebut membuat tak enak untuk dilihat.

Nah, biasanya ketombe yang muncul ini disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir briliobeauty.net dari Everyday Health pada, Senin (23/1) ketombe yang muncul pada permukaan kulit kepala ini disebabkan oleh kulit kering atau terjadi penumpukan minyak. Tidak hanya itu, munculnya ketombe juga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kulit kepala yang berketombe ini bisa diatasi dengan berbagai cara, seperti mencuci rambut lebih sering. Tidak hanya itu, terdapat cara lain yang bisa kamu gunakan, salah satunya menggunakan bahan alami.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami ini dibagikan oleh seorang pengguna YouTube bernama Is Barbershop. Dalam video yang berdurasi kurang lebih 15 menit itu mereka menggunakan bahan alami, seperti halnya jeruk nipis.

Perlu kamu ketahui, jeruk nipis ini memiliki kandungan berupa vitamin C yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Terdapat beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut, seperti mengatasi ketombe, menutrisi batang rambut, mencegah kulit berminyak, dan mencegah kerontokan.

Nah, lantas bagaimana cara mengatasi ketombe kering menggunakan jeruk nipis? Yuk simak cara yang dibagikan oleh Is Barbershop.

Pada awal video tersebut, pria yang menggunakan baju putih itu menunjukkan kepala yang dipenuhi dengan ketombe di kulit kepalanya itu. Nah, tidak menunggu lama pria itu pun mempersiapkan satu bahan dapur yang digunakan untuk mengatasi ketombe tersebut.

cara atasi ketombe kering Berbagai sumber

foto: YouTube/isbarbershop

Bahan dapur yang digunakan adalah jeruk nipis. Nah, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah tiga buah jeruk nipis. Kemudian potong-potong jeruk nipis tersebut menjadi beberapa bagian.

"Makin banyak kalian gunakan makin bagus temen-temen. Minimal gunakan dua kali dalam seminggu. Tapi kalau setiap hari itu lebih bagus," jelas @isbarbershop.

cara atasi ketombe kering Berbagai sumber

foto: YouTube/isbarbershop

Langkah berikutnya yaitu sebelum mengoleskan jeruk nipis pada permukaan kulit kepala, jangan lupa untuk mengupas bagian atas jeruk nipis. Hal ini dilakukan agar mempermudah pengaplikasian jeruk nipis pada kulit kepala.

Sebelum mengoleskan jeruk nipis pada kulit kepala, sisir rambut terlebih dahulu. Jika sudah, oleskan satu persatu jeruk nipis tersebut dengan agak sedikit kencang ke seluruh permukaan. Langkah ini dilakukan agar ketombe tersebut hilang.

"Kalau bisa oleskan jeruk nipis sampai habis. Namun kalau kulit sudah agak merah harus berhenti," kata isbarbershop.

Langkah berikutnya yaitu diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu, cuci menggunakan air biasa, tanpa mengaplikasikan sampo.

Nah, itulah cara mengatasi ketombe kering yang bisa kamu ikuti dengan mudah di rumah. Tanpa perlu repot-repot pergi ke salon, ketombe di permukaan kulit kepala pun langsung hilang. Sementara itu, unggahan video yang ditonton oleh 1,2 juta pengguna YouTube itu pun mendapatkan berbagai komentar dari netizen.

"tolong di pin bang ,saya experiment sendiri saya campurkan lidah buaya dengan jeruk nipis lalu saya aduk sampek halus dan oleskan pada rambut setelah itu jangan langsung dibilas kalian kopek rambut kalian dengan sisir pasti ketombe nya nempel semua karena dari getah lidah buayanya jadi lengket dengan bantuan sisir malah jadi lebih siip," tulis akun @Muhhammad ridlo el.

"kalo saya keramas dulu pake selsun blue terus diamkan sekitar 5 menit, setelah itu keringkan setelah kering pake jeruk nipis di lokasi lokasi yg ada, kan jadinya kusut keras rambut baru pake minyak zaitun wkwkwk 3 hari sembuh," komentar akun @Angga Yusup.

"Mau tanya bang, untuk hasil yg lebih baik apakah harus di botakin dulu rambutnya?" Fahrul Mardiana.

"Menurut saya iya, karena kalo rambutnya panjang nanti kondisi kulit kepala jadi lembab terus semakin banyak kerak yg ada di kulit kepala," imbuh akun @Noer H Farihah.


(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES