Bantu rambut subur dan cegah ketombe, ini trik merawat kulit kepala pakai hair oil dari 2 jenis minyak

Bantu rambut subur dan cegah ketombe, ini trik merawat kulit kepala pakai hair oil dari 2 jenis minyak

Castor oil adalah minyak nabati serbaguna yang telah digunakan sejak lama untuk perawatan kulit dan rambut. Castor oil atau dikenal juga sebagai minyak biji jarak, mengandung enzim yang disebut risin. Proses pemanasan membuat risin aman digunakan dan bermanfaat untuk kecantikan.

Selain itu, minyak jarak kaya akan asam risinoleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat melembapkan kulit. Asam risinoleat bertindak sebagai humektan, yang mempertahankan kelembapan dengan mencegah kehilangan air melalui lapisan luar kulit.

Castor oil mengandung asam risinoleat dan asam lemak esensial Omega-6 yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Kandungan ini juga memberi nutrisi pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Dengan demikian rambut tidak mudah rontok maupun patah. Castor oil memiliki sifat antimikroba, karena itu bisa melawan kuman penyebab ketombe. Sementara kandungan risin di dalamnya berfungsi sebagai pembunuh jamur.

Begitupun dengan rosemary oil yang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambutmu. Rosemary oil dapat meningkatkan sirkulasi dan berfungsi sebagai vasodilator, yakni membuka dan melebarkan pembuluh darah. Ini membuat darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh.

Adanya peningkatan aliran darah ke kulit kepala punya banyak manfaat bagi rambut dan kulit kepala. Salah satunya dapat membantu folikel rambut tumbuh dengan subur. Minyak rosemary atau rosemary oil juga mengandung carnosic acid yang dikenal dapat memperbaiki jaringan kulit akibat iritasi kulit kepala sekaligus meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Trik merawat kulit kepala pakai hair oil dari 2 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@nessa.ames

Nah, dengan kedua jenis minyak tersebut kamu bisa membuat hair oil yang dapat kamu manfaatkan untuk merawat kulit kepalamu. Hair oil ini bisa kamu gunakan secara rutin jika kamu ingin mendapatkan rambut yang sehat, lebat, dan bebas ketombe. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 3 sendok teh castor oil
2. 15 tetes rosemary oil

Trik merawat kulit kepala pakai hair oil dari 2 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@nessa.ames

Cara membuat:

1. Campurkan kedua bahan tersebut pada jar khusus serum
2. Kocok-kocok keduanya agar tercampur merata
3. Aplikasikan hair oil ini keseluruh rambut, utamakan bagian kulit kepala
4. Gunakan scalp massager atau jari-jarimu untuk memijat-mijat kulit kepala agar hair oil meresap
5. Pijat-pijat selama 5 menit
6. Diamkan selama 1-2 jam sebelum keramas atau selama semalaman
7. Lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner yang lembut
8. Gunakan secara rutin setiap sebelum keramas atau 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

@nessa.ames My new routine! I usually do this 1 hour before I shower however you can also apply it the night before. #rosemaryoil #miellehairoil #hairtips #miellerosemarymintoil #hairgrowthoil #hairhack #rosemaryhairgrowthoil original sound - yana

(brl/wen)

tags

STORIES