Antilepek dan tebal alami, ini cara membuat masker untuk merawat rambut lurus pakai 1 sumber protein

Antilepek dan tebal alami, ini cara membuat masker untuk merawat rambut lurus pakai 1 sumber protein

Tak perlu perawatan di salon kecantikan, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membuat masker guna menutrisi sekaligus merawat rambut lurusmu. Seperti video yang dibagikan akun TikTok @curlyassembly pada (9/11/2020) lalu. Dalam video yang berdurasi 10 detik, pemilik akun memberikan cara membuat masker untuk merawat rambut lurus pakai satu sumber protein.

Sumber protein yang dimaksud adalah telur. Selain telur, ia juga menambahkan bahan lain yaitu kondisioner dan minyak zaitun. Manfaat telur untuk rambut berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, baik dari bagian putih atau kuning telur. Menjadikannya masker rambut atau mengonsumsinya secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan rambut.

Cara membuat masker untuk merawat rambut lurus pakai 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sudah tidak diragukan lagi bahwa telur merupakan sumber pangan hewani yang memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Siapa sangka, kuning telur maupun putih telur bisa membantu mengatasi berbagai masalah rambut secara alami.

Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, E, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih berkilau. Kekurangan vitamin dan mineral esensial sering kali dikaitkan dengan kondisi penipisan dan kerusakan helai rambut.

Selain vitamin, mineral, dan protein, telur juga memiliki kandungan lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan lesitin. Dikutip dari Mayo Clinic, lemak sehat mampu memberikan hidrasi pada rambut sehingga membuatnya tetap lembap. Itu sebabnya, manfaat telur sangat baik untuk mengatasi rambut kering.

Bukan hanya rambut kering, telur juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut berminyak. Rambut berminyak justru mengarah pada masalah rambut lain, yakni ketombe atau masalah kutikula rambut. Penggunaan putih telur biasanya direkomendasikan untuk mengatasi rambut berminyak.

Sedangkan kondisioner, merupakan pelembap rambut karena fungsinya memberikan kelembapan, bukan hanya pada rambut tapi juga kulit kepala. Jika rambut terjaga kelembapannya bisa terhindar dari masalah seperti kering, ketombe, rontok, bercabang, dan lainnya.

Begitupun dengan minyak zaitun yang mengandung antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan pada rambut akibat radikal bebas seperti polusi udara. Asam oleat, asam palmitat, dan squalene merupakan kandungan kimia utama dari minyak zaitun.

Ketiga kandungan tersebut dipercaya mampu menutrisi dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan antibakteri yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kelembapan kulit kepala.

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang digunakan, yuk simak cara membuat masker rambut untuk menjaga kesehatan rambut lurus, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @curlyassembly pada Selasa (20/6).

Bahan:

Cara membuat masker untuk merawat rambut lurus pakai 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: TikTok/@curlyassembly

1. Kondisioner secukupnya
2. 1 sendok makan minyak zaitun
3. 1 butir telur

Cara membuat:

Cara membuat masker untuk merawat rambut lurus pakai 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: TikTok/@curlyassembly

1. Campurkan ketiga bahan tersebut pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai merata
3. Aplikasikan ke seluruh rambut secara menyeluruh
4. Diamkan selama 2 jam, lalu bilas menggunakan air sampai bersih
5. Lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner andalanmu
6. Gunakan masker ini secara rutin 1-2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@curlyassembly DIY Hair Mask for Straight Hair Should be used once a week or so #hairtips #hairmaskhomemade #hairadvice Lucky Love - Michael Seyer

(brl/mal)

tags

STORIES