Agar lebih sehat, kenali 7 penyebab rambut lepek dan cara mengatasinya

Agar lebih sehat, kenali 7 penyebab rambut lepek dan cara mengatasinya

Setelah mengetahui sederet penyebab rambut lepek, sebaiknya kamu menghindari dan menghentikan kebiasaan yang bisa membuat rambut lepek. Selain itu, kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi rambut yang lepek. Nggak perlu ke salon atau treatment khusus, kamu bisa mempraktikkan cara-cara berikut di rumah.

1. Keramas air hangat.

Penyebab rambut lepek dan cara mengatasinya  freepik.com

foto: freepik.com

Keramas dengan air hangat dipercaya lebih efektif dalam menghilangkan minyak berlebih pada rambut. Perlu digaris bawahi, air yang dibutuhkan adalah yang hangat bukan panas. Pasalnya, mencuci rambut dengan air yang panas justru bisa membuat rambut rontok.

2. Gunakan dry shampoo.

Penggunaan dry shampoo umumnya dapat menjadi penyelamat pada saat keadaan darurat. Apalagi jika kamu tak punya banyak waktu buat keramas. Gunakan dry shampoo sebelum melakukan aktivitas untuk mencegah kulit kepala dan rambut berminyak. Penggunaan dry shampoo yang maksimal dilakukan pada batang dan akar rambut untuk membuat rambut terlihat lebih bervolume.

3. Hindari mengikat rambut saat basah.

Jangan mengikat rambut ketika masih dalam keadaan basah. Hal tersebut membuat minyak pada kapala bergumpal dan menyatu pada setiap helai rambut. Sebaiknya, pastikan rambut sudah kering sebelum mengikat rambut.

4. Memakai vitamin rambut secukupnya.

Penyebab rambut lepek dan cara mengatasinya  freepik.com

foto: freepik.com

Penggunaan vitamin rambut memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut, khususnya sebagai nutrisi bagi rambut. Tetapi, pemakaian vitamin rambut tetap harus diperhatikan. Pemakaian vitamin rambut yang terlalu banyak justru akan membuat rambut semakin berminyak dan lepek. Maka, gunakan vitamin rambut secukupnya, dan gunakan pada batang dan ujung rambut saja. Penggunaan vitamin pada pangkal rambut dapat membuat produksi minyak di kulit kepala meningkat.

5. Hindari tidur saat rambut masih basah.

Tidur pada saat rambut masih dalam keadaan basah bisa membuat rambut lepek saat bangun. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya tekanan dari bantal kepada rambut yang masih basah dalam jangka waktu lama. Pastikan rambut sudah kering sebelum tidur.

6. Rutin menggunakan masker rambut.

Penggunaan masker rambut secara rutin bisa membuat rambut menjadi lebih sehat. Tetapi sebelum menggunakannya, pastikan produk yang dipilih sesuai dengan permasalahan rambut masing-masing. Jangan memilih produk masker rambut yang membuat rambut semakin berminyak.

Mgg: Jessica Tosya

(brl/mal)

tags

STORIES