11 Rekomendasi castor oil harga mulai Rp 22 ribu, rawat kulit & rambut

11 Rekomendasi castor oil harga mulai Rp 22 ribu, rawat kulit & rambut

Brilio.net - Kulit kering adalah masalah yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Masalah ini terjadi ketika lapisan kulit paling atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.

Siapapun bisa terkena kondisi kulit ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.

Dilansir situs kesehatan Healthline, kulit kering atau disebut juga xerosis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Kulit yang mengalami xerosis cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Selain itu, kulit kering juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan yang lebih serius, terutama jika ekstrem dan tidak bisa diatasi dengan pelembap atau cara-cara sederhana lainnya.

Salah satu cara untuk wajah bebas kering seharian adalah dengan menambahkan produk face oil ke dalam rutinitas skincare harian. Face oil atau facial oil adalah salah satu skincare bertekstur minyak kental yang dibuat dari ekstrak tumbuhan.

Kandungan utama di dalam face oil merupakan lemak esensial yang baik bagi kulit. Asam lemak esensial inilah yang berfungsi menjaga sel-sel dari kerusakan dan mempertahankan elastisitas kulit. Secara garis besar, face oil bekerja sebagai emolien dengan mengunci kelembapan dan memperkuat lapisan kulit teratas.

Salah satu face oil yang bisa digunakan adalah castor oil. Castor oil merupakan jenis minyak nabati serbaguna yang sudah sejak lama digunakan. Minyak ini berasal dari ekstrasi minyak biji tanaman Ricinus communis atau tanaman Jarak.

Castor oil ini juga dikenal sebagai minyak jarak. Minyak ini sering disebut sebagai miracle oil karena manfaatnya yang beragam. Kamu dapat menggunakannya pada seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki.

Melansir dari Healthline, manfaat castor oil dapat menjadi pelembap alami. Sebab castor oil kaya akan kandungan asam risinoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Jenis lemak ini dapat menjadi humektan dan bisa digunakan sebagai pelembap kulit. Selain itu, minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut, jerawat, penuaan dini, antiinflamasi, hingga pereda nyeri.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, brilio.net telah merangkum 11 rekomendasi castor oil yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah diatas, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10).

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES