Tanpa lemon dan kentang, ini trik pudarkan flek hitam akibat penuaan pakai 1 jenis buah-buahan

24 / 10 / 2023 22:10 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, tentunya banyak perubahan yang terjadi. Hal ini pun terlihat pada bagian kulit, seperti munculnya keriput, garis halus, hingga flek hitam.

Kondisi ini bisa lebih cepat terjadi ketika wajah tak terlindungi oleh skincare dan perawatan yang tepat. Pasalnya wajah rentan terpapar sinar matahari, polusi, dan kotoran yang tak dibersihkan secara optimal. Beberapa faktor tersebut bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan, khususnya flek hitam.

Flek hitam bisa muncul di beberapa bagian wajah ketika kamu sering beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung, apalagi tanpa menggunakan tabir surya. Sinar UV dari matahari ini lah yang akan merusak sel tempat produksinya melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna kulit. Akibatnya, produksi melanin menjadi berlebihan. Kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi.

Walaupun tidak membahayakan, namun adanya flek hitam di wajah dapat membuat penderitanya tidak percaya diri. Sehingga banyak orang mencari cara untuk menghilangkannya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami guna memudarkan flek hitam akibat penuaan.

Tanpa lemon dan kentang, karena pemilik akun TikTok @rythaa14 pada 17 September 2023, justru menggunakan 1 jenis buah-buahan, yaitu tomat. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu putih telur.