Tak perlu lakukan botoks, ini cara membuat face oil untuk atasi kulit keriput pakai 1 jenis rempah

18 / 07 / 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Keriput adalah lipatan di kulit yang muncul secara alami seiring bertambahnya usia. Umumnya, keriput pertama kali muncul di area wajah, di mana kulit secara alami terlipat selama wajah melakukan ekspresi tertentu, misalnya tersenyum.  Selain wajah, keriput juga bisa muncul di area kulit lainnya, terutama yang sering terpapar sinar matahari, misalnya punggung tangan, leher, dan lengan.

Keriput adalah bagian alami dari proses penuaan manusia, dan keriput terjadi pada semua orang. Keriput muncul di kulit karena kulit menjadi lebih tipis dan kurang elastis seiring berjalannya waktu. Namun, banyak orang tidak menyukai munculnya keriput, tak heran bila perawatan antipenuaan menjadi sangat laku di pasaran. 

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis, lebih kering, dan menjadi kurang elastis, sehingga kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kerusakan ikut berkurang. Ini yang kemudian menjadi penyebab munculnya keriput di wajah dan area kulit lainnya.

Selain itu, ekspresi wajah seperti tersenyum, mengerutkan kening, atau menyipitkan mata, juga menjadi penyebab munculnya garis-garis halus di usia muda. Garis-garis ini akan menjadi semakin dalam, seiring bertambahnya usia, dan inilah yang menjadi penyebab keriput di wajah. 

Munculnya keriput di wajah atau di area tubuh lainnya memang tidak dapat dihindari. Akan tetapi, setidaknya kamu bisa menunda kemunculan tanda-tanda penuaan ini dan membantu mengencangkan kulit wajahmu. Salah satunya dengan menggunakan face oil. Tak perlu melakukan botoks atau membeli produk mahal di pasaran, karena kamu bisa kok membuat face oil sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @aribasfoodmood pada 30 Mei 2023. Dalam video tersebut pemilik akun memberikan cara membuat face oil untuk atasi kulit keriput pakai 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah bubuk kunyit. Selain bubuk kunyit, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun dan saffron.

"Homemade Anti Aging Face Oil or Serum Amazing face Oil or Serum (Face oil antipenuaan ala rumahan atau face oil atau serum yang menakjubkan)," katanya dalam keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aribasfoodmood, Selasa (18/7).

foto: freepik.com

Kunyit menjadi salah satu rempah yang sering digunakan untuk menambah cita rasa berbagai menu makanan. Tak hanya itu, rempah berwarna kuning ini juga telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat kunyit untuk kulit, berasal dari senyawa antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dipercaya dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah. 

Antioksidan di dalam kunyit mampu mengatasi serta mengurangi keriput maupun garis halus di wajah. Manfaat kunyit untuk wajah ini diperoleh karena kunyit mampu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen dapat menjaga elastisitas kulit wajah, sehingga wajah menjadi lebih kencang dan bebas dari kerutan.

Sementara itu, minyak zaitun sarat dengan antioksidan seperti squalene dan asam oleat. Minyak ini juga mengandung flavonoid, vitamin E, dan polifenol. Semua kandungan itu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memperlambat proses penuaan. Ini salah satu manfaat minyak zaitun terbesar untuk kulit.

Tak terkecuali dengan saffron yang kaya akan antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti noda hitam dan keriput. Antioksidan pada saffron berperan sebagai pelindung dari sinar UV yang dapat mempercepat penuaan.