Nggak perlu manicure mahal di nail salon, ini trik atasi kuku gampang patah pakai 1 jenis minyak

10 / 07 / 2023 23:30 WIB

Brilio.net - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh setiap orang yang seringkali tidak disadari memiliki manfaat dalam kehidupan banyak orang. Bayangkan ketika semua pekerjaan sehari-hari yang kamu lakukan seperti mengetik, memegang benda, atau menjalankan pekerjaan rumah tangga dilakukan tanpa adanya kuku di setiap jari-jari, pastinya sangat nggak nyaman bukan? Apalagi nih, tanpa adanya lapisan kuku, semua polusi dan debu bisa saja dengan mudah menempel di bagian dalam jari-jari kamu sehingga jadi mudah infeksi. Makanya, meskipun jarang terperhatikan, menjaga kesehatan kuku itu termasuk cukup penting lho.

Meskipun kuku terlihat keras dari luar, pada dasarnya kuku cukup rentan untuk menjadi rapuh dan patah oleh beberapa alasan yang terkadang tidak disadari. Pertama, kegiatan sehari-hari yang melibatkan paparan air seperti mencuci hingga mandi secara terlalu sering dapat membuat kuku jadi cepat kering dan dalam prosesnya membuat lapisan kuku melemah dan mudah patah. Selain itu, kebiasaan buruk seperti menggigit kuku juga dapat membuat kuku terlihat rapuh dan jelek. Plus, kekurangan asupan zat besi, kalsium, vitamin D, dan protein secara tidak langsung juga dapat melemahkan potensi pertumbuhan kuku yang lebih kuat.

Namun begitu, kamu yang dihadapkan masalah ini nggak perlu bersusah payah sampai harus pergi manicure mahal kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami di sekitar kamu yang mungkin tidak diketahui menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kuku. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan campuran minyak zaitun dan lemon seperti yang diperagakan oleh @parabellbeauty di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Senin (10/7).

foto: freepik.com