Hanya pakai 3 bahan dapur, ini trik atasi kemerahan pada wajah dan bekas jerawat membandel

17 / 04 / 2023 11:40 WIB

Brilio.net - Bekas jerawat merah bisa muncul akibat jerawat yang membandel yang tidak dirawat dengan baik. Bekas jerawat merah bisa membekas dalam waktu lama. Meski begitu, jerawat akan sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Menjaga kebersihan kulit merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat.

Sayangnya, banyak orang yang merasa tidak sabar dan akhirnya memencet jerawat di wajah. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan jerawat menjadi lebih buruk dan memicu bekas merah pada kulit wajah. Selain bekas merah pada wajah, jerawat juga dapat meninggalkan bekas kehitaman pada kulit, sehingga tekstur kulit wajah jadi tidak merata dan bergelombang.

Jerawat memang dapat sembuh dengan sendirinya pada wajah. Namun, hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jika dibiarkan tanpa perawatan atau pengobatan tertentu.

Salah satu upaya untuk menghilangkan kemerahan pada wajah dan bekas jerawat ialah menggunakan perawatan wajah yang dapat dibeli di pasaran. Saat beraktivitas sehari-hari, kamu juga harus memakai krim pelindung kulit wajah dari sinar matahari (sunscreen).

Penggunaan krim perawatan ini dapat disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Dengan begitu, diharapkan bekas kemerahan akibat jerawat akan memudar secara perlahan. Selain itu, kamu juga bisa kok mengatasi kemerahan pada wajah dan bekas jerawatmu menggunakan bahan alami. Bahkan kamu bisa menemukan bahannya di dapurmu.

Sama halnya yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @iforeveryng pada (22/6/2022) lalu. Dalam videonya tersebut ia membagikan trik atasi kemerahan pada wajah dan bekas jerawat membandel pakai 3 bahan dapur. Bahan-bahan dapur yang digunakan yaitu, bubuk kunyit, susu, dan madu.

"DIY Face Mask Heals Acne Evens Skintone (Masker Wajah DIY Menyembuhkan Jerawat Meratakan Warna Kulit)," tulisnya dalam video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @iforeveryng, Senin (17/4).

foto: freepik.com

Kunyit dapat membantu mengatasi jerawat karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Dalam kunyit juga terkandung zat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga penggunaannya diyakini dapat membuat jerawat lebih cepat untuk sembuh. Tak hanya itu saja, noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan juga bisa ikut teratasi.