Hanya butuh 3 bahan dapur, begini cara memudarkan noda bekas jerawat di wajah agar kembali mulus

07 / 04 / 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Sama seperti jerawat, bekas jerawat adalah kondisi yang cukup umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Bekas jerawat, baik yang berwarna merah maupun hitam, adalah kondisi kulit yang cukup mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Kondisi kulit yang terjadi setelah jerawat ini dapat muncul lebih dari satu dan di daerah yang mudah terlihat.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan tekstur dan lekukan yang bersifat permanen di kulit. Salah satu kelompok yang paling sering mengalami ini adalah remaja. Meski begitu, orang dewasa pun dapat menghadapi masalah yang sama karena ada berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko setiap orang terhadap jerawat.

Bekas jerawat terjadi akibat reaksi peradangan yang menyebabkan pembuluh darah melebar. Hal ini sebenarnya adalah kondisi normal dan akan hilang sendiri seiring dengan membaiknya reaksi peradangan. Sementara itu, peradangan jerawat juga mengakibatkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia.

Alhasil, tubuh memproduksi melanin secara berlebihan. Oleh sebab itu, bekas jerawat menjadi berwarna cokelat atau hitam. Berbeda dengan jaringan parut, noda hitam atau merah akibat jerawat yang parah ini bisa diobati, baik dari dokter maupun dengan pengobatan alami. Nah, jika kamu tak mau merogoh kocek terlalu dalam, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa mengambil alternatif alami guna menghilangkan noda bekas jerawat.

Salah satunya seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @123anita.anita pada 30 Desember 2022. Melalui video unggahan tersebut pemilik akun memberikan cara memudarkan noda bekas jerawat di wajah pakai 3 bahan dapur, yaitu bubuk kunyit, aloe vera gel, dan madu.

"Clear Skin Face Mask," tulisnya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @123anita.anita, Kamis (6/4).