Cara atasi kulit kering karena cuaca hanya pakai scrub dari 1 jenis daun ini bikin tetap lembap

19 / 05 / 2023 12:40 WIB

Brilio.net - Belakangan ini kondisi cuaca cukup panas dan terik. Tentunya kondisi tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit kita. Kulit menjadi mudah terbakar terik matahari. Bahkan bisa mengakibatkan kulit menjadi kering.

Hal ini terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Angin kering dan peningkatan suhu udara dapat menyebabkan penguapan air dari permukaan kulit. Selain itu, cuaca panas juga dapat membuat orang lebih banyak berkeringat sehingga dapat mengurangi kelembapan pada kulit.

Untuk mengatasi kulit kering karena cuaca ini kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi, menjaga kebutuhan air, menggunakan pelembap, dan menghindari mandi dengan air panas. Selain itu, kamu juga dapat merawat kulit dengan menggunakan scrub.

Tak perlu beli, kamu bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan menggunakan satu jenis dedaunan. Bahan yang digunakan kali ini adalah daun pandan. Bahan yang satu ini pada umumnya digunakan untuk campuran bahan makanan. Adanya sifat antioksidan dan antiinflamasi dapat melindungi kulit dari radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mengatasi iritasi. 

Sementara itu, adanya campuran beras ketan berguna sebagai pelembap alami. Hal ini lantaran beras ketan memiliki kandungan berupa protein dan asam amino. Selain itu, bahan makanan yang satu ini juga berguna sebagai eksfoliator karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati.