Bikin mulus dan lembap, begini trik membersihkan wajah pakai face oil dari 2 jenis bunga

11 / 07 / 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Membersihkan wajah adalah salah satu rutinitas wajib untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu. Dalam urutan skincare routine, tahapan membersihkan wajah dikenal dengan sebutan cleansing. Bagi banyak orang, membersihkan wajah setelah menggunakan makeup, tak hanya cukup sekali.

Agar wajah bebas dari sisa makeup, beberapa orang ada yang menerapkan double cleansing menggunakan cleansing oil sebagai produk pembersih wajah pertama. Kemudian dilanjutkan dengan penggunaan facial wash. Cleansing oil adalah salah satu produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan makeup, kelebihan minyak, dan kotoran di wajah secara menyeluruh.

Sesuai namanya, oil cleanser merupakan produk pembersih wajah berbahan dasar minyak. Meski begitu, produk ini mampu membersihkan kulit tanpa merusak keseimbangan minyak alami atau sebum pada kulit wajah. Hal ini karena cleansing oil memiliki sifat lipofilik, yakni mampu melarutkan berbagai jenis minyak, termasuk kelebihan minyak pada wajah.

Seperti yang diketahui bahwa ada banyak jenis produk cleansing oil yang dapat kamu temukan di pasaran. Selain membelinya, kamu bisa mencoba cara membuat cleansing oil sendiri dari bahan alami yang tak kalah bermanfaat untuk kulit. Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @happyherbco pada 23 November 2022.

Video unggahan itu, berisi tentang trik membersihkan wajah pakai face oil dari 2 jenis bunga. Bunga yang digunakan adalah bunga calendula dan chamomile. Tak hanya kedua bunga itu saja, face oil alami ini juga menambahkan bahan lain yaitu minyak esensial.

"DIY Herbal Face Cleansing Oil for natural, healthy & radiant skin! (DIY Minyak Pembersih Wajah Herbal untuk kulit alami, sehat & bercahaya!)," katanya dalam keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @happyherbco, Senin (11/7).

foto: freepik.com

Calendula (Calendula officinalis) merupakan jenis tanaman dari keluarga Astaracea. Manfaat calendula didapat dari beragam senyawa bioaktif yang dikandungnya. Berkat kandungan tersebut, calendula sering dijadikan suplemen, minyak, balsem, krim, maupun losion.

Salah satu manfaat calendula yaitu menghidrasi kulit. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan asam linoleat yang menyediakan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi penghalang kulit.

Selain itu, calendula kaya akan antioksidan alami, termasuk flavonoid, polifenol, dan karotenoid, yang semuanya dapat membantu menetralisir dan melindungi kulit dari radikal bebas, serta membatasi efek negatifnya pada kulit. Selain kandungan antiinflamasi, calendula juga memiliki sifat antibakteri. Kandungan tersebut akan membantu membersihkan bakteri di pori-pori kulit.

Karena sebum dan kotoran yang terjebak di pori-pori akan menjadi sarang kuman. Kuman-kuman inilah yang kemudian menjadi biang keladi jerawat. Jadi, jika ingin wajahmu sehat dan bebas masalah kulit, bunga ini bisa menjadi solusinya.