7 Ciri-ciri skincare cocok pada kulit, bikin lebih cerah tak berminyak

08 / 03 / 2022 02:00 WIB

Brilio.net - Sebagian orang pasti pernah menggunakan berbagai produk skincare. Skincare digunakan untuk merawat kulit wajah agar tampak sehat, bersih, cerah, dan bersinar. Perawatan wajah dilakukan agar semua nutrisi di dalam kulit terpenuhi dan kecantikan kulit tetap terjaga dengan baik.

Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan skincare memberikan hasil yang berbeda-beda pada setiap orang dalam jangka waktu yang juga tak sama. Hal ini bisa disebabkan karena perbedaan kondisi dan kebutuhan kulit.

Pengguna skincare bisa jadi mengalami kecocokan dan tidak cocok pada kulit wajah dengan kondisi tertentu. Maka dari itu pemakaian produk skincare tidak bisa sembarangan. Sebagai pengguna, kamu harus mengetahui tanda-tanda skincare yang cocok atau tidak dengan kulit wajahmu.

Salah satu ciri-ciri skincare cocok digunakan di kulit wajah yaitu kulit menjadi lembap dan tidak berminyak. Ciri-ciri skincare cocok pada kulit wajah tidak hanya itu saja, berikut ini ciri lainnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/3).

1. Warna kulit merata.

foto: Freepik.com

Ciri pertama yang paling jelas terlihat jika skincare cocok di kulit yaitu warna kulit merata. Sebaliknya, warna kulit yang tidak rata bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu komedo hitam, bekas jerawat, dan flek hitam. Jika penggunaan skincare rutin menunjukkan tanda warna kulit merata, maka skincare yang kamu gunakan bekerja dengan baik dan cocok dengan kulitmu.

2. Tidak ada jerawat di wajah.

foto: Freepik.com

Ciri kedua skincare cocok dengan kulit kamu yaitu jerawat di wajah mulai berkurang secara perlahan. Jika ciri-ciri ini muncul menandakan skincare cocok dengan kulitmu. Penggunaan skincare yang diimbangi dengan perawatan wajah alami bisa membuat jerawat tidak muncul lagi di wajah dalam waktu cepat.

3. Kulit menjadi halus.

foto: Freepik.com

Memiliki kulit kusam, kering, berminyak, dan tidak sehat bisa diatasi dengan melakukan perawatan kulit menggunakan produk skincare. Produk skincare yang cocok dengan kulit akan memberikan respons yang baik. Respons dari kinerja skincare yaitu dengan menghasilkan sebum sedikit dan menghidrasi kulit dengan baik sehingga memberikan hasil berupa kulit lembut.

4. Kulit terhidrasi dengan baik.

foto: Freepik.com

Kulit yang terhidrasi dengan baik merupakan salah satu ciri bahwa pemakaian skincare cocok dengan kulit. Kulit yang mengalami dehidrasi dan kering bisa disebabkan dari cuaca buruk, pola makan yang tidak sehat, dan kondisi kulit. Cadangan asam hialuronat dan protein yang tercukupi membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik.

5. Tidak muncul rasa gatal.

foto: Freepik/kroshkanatasya

Penggunaan skincare yang tidak cocok biasanya memberikan gejala rasa gatal pada area wajah. Namun beda halnya jika penggunaan skincare pada wajah cocok. Penggunaan skincare yang cocok tidak akan menyebabkan rasa gatal. Rasa gatal karena tidak cocok dengan produk biasanya disebabkan oleh kondisi kulit dan lingkungan sekitar.

6. Kulit wajah jadi cerah.

foto: Freepik/benzoix

Kulit wajah menjadi cerah menjadi salah satu ciri bahwa penggunaan skincare cocok dengan kulit. Apalagi jika kamu menggunakan produk khusus yang diformulasikan untuk mencerahkan wajah. Wajah akan terlihat lebih cerah dalam beberapa waktu kemudian.

7. Kulit menjadi lembap dan kenyal.

foto: Freepik/jcomp

Kulit menjadi lembap dan kenyal merupakan ciri-ciri skincare cocok dengan kulit. Ciri-ciri ini bisa didapatkan terutama bagi produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Hyaluronic acid bisa membantu kulit menjadi kenyal, terlihat cerah, dan juga lembap.