5 Perawatan rambut kering ala Prilly Latuconsina, pakai masker alpukat

28 / 06 / 2022 12:18 WIB

4. Gunakan produk hair spa.

foto: freepik.com

Karena Prilly merupakan salah satu orang yang tidak menyukai perawatan di salon, dirinya kerap kali merawat rambutnya dengan melakukan hair spa sendiri dirumah.

Hair spa adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim yang diberi tambahan vitamin atau serum rambut untuk menutrisi helaian rambut sampai ke akarnya. Produk yang ia pilih juga merupakan produk yang diformulasikan untuk rambut kering.

Perawatan hair spa cocok untuk kamu yang memiliki rambut rontok, rambut kering, rambut kusut, serta rambut rusak yang kerap terpapar dengan zat kimia dari penggunaan alat atau perawatan rambut tertentu. Salah satu manfaat hair spa adalah melembapkan rambut dan kulit kepala.

Hal ini berkat vitamin atau serum rambut yang digunakan dapat memberi efek lembap sehingga rambut dan kulit kepala bisa terhidrasi dengan baik. Selain itu, masker rambut yang digunakan saat hair spa diperkaya dengan zat pelembap rambut yang mencegah rambut kering dan kusut.

5. Pakai masker alami.

foto: freepik.com

Rutinitas yang biasa dilakukan Prilly jika rambutnya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti kering, kusut hingga bercabang adalah dengan menggunakan masker rambut. Ia mengungkapkan jika selalu menggunakan masker rambut racikan ibunya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Resep rahasia masker buatan sang ibu adalah campuran alpukat yang sudah dihaluskan dengan lidah buaya. Terkadang, ibu Prilly Latuconsina juga menambahkan putih telur di dalamnya.

Seperti yang diketahui bahwa alpukat mengandung minyak alami dan lemak sehat, termasuk asam oleat. Kandungan ini bermanfaat untuk melembapkan rambut dan mencegah rambut menjadi kering. Alpukat juga diyakini mampu mengatasi kerontokan pada rambut.

Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan biotin yang cukup tinggi. Nutrisi ini membantu menutrisi rambut, kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Karenanya, buah ini dianggap baik untuk melembapkan rambut, utamanya rambut kering dan kasar.

Begitupun dengan lidah buaya yang mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi dalam regenerasi sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan rambut berkilau. Sementara telur mengandung vitamin A, vitamin E, biotin, folat, dan zat besi yang bisa menjadi ramuan ampuh untuk rambut yang rusak.

Para peneliti menyatakan bahan-bahan tersebut penting untuk pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, telur juga mengandung lesitin bisa membantu melembapkan sekaligus menguatkan rambut.

Lesitin berfungsi sebagai emolien yang membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga. Karena itu, rambut lebih lembut, mudah diatur, dan lebih berkilau.