11 Cara membuat masker untuk atasi rambut kering, praktis dan aman

10 / 08 / 2022 06:25 WIB

7. Minyak kelapa dan madu.

foto: Pixabay/moho01

Minyak kelapa dan madu memiliki kandungan yang bisa membantu mengatasi rambut kering, mencegah rambut bercabang, dan melembapkan. Disisi lain adanya minyak kelapa yang memiliki sifat mudah meresap sehingga mudah menutrisi rambut.

Nah, cara membuat masker dari minyak kelapa dan madu yaitu campurkan 1 sdt madu organik dan 1 sdt minyak kelapa. Setelah itu, panaskan kedua bahan sembari aduk. Kemudian, diamkan beberapa saat dan oleskan pada rambut secara merata. Diamkan terlebih dahulu kurang lebih 40 menit dan setelah itu bilas.

8. Telur, madu, dan cuka apel.

foto: Pixabay/stevebuissinne

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat masker atasi rambut kering yaitu telur, madu, dan cuka apel. Ketiga bahan alami ini bisa membantu menghidrasi dan membuat rambut menjadi berkilau. Sementara itu, adanya kuning telur bisa menutrisi rambut. Sedangkan madu dan cuka apel, membantu untuk melembapkan dan menghidrasi rambut.

Nah, cara nya yaitu siapkan 1 butir telur, 1 sdt madu, dan 1 sdm cuka apel hingga merata. Jika sudah, oleskan secara merata pada rambut. Diamkan kurang lebih 30 sampai 40 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih.

9. Minyak zaitun dan lemon.

foto: Pixabay/couleur

Bahan alami seperti lemon bisa membantu mengatasi rambut kering dan bersisik. Sementara itu minyak zaitun bisa melembapkan kulit dan menutrisi kulit kepala.

Nah, cara untuk membuat masker rambut dari minyak zaitun dan lemon yaitu campurkan 2 sdm jus lemon, 2 sdm minyak zaitun, dan 2 sdm air. Jika sudah oleskan pada rambut sembari dipijat dengan lembut. Lalu diamkan 20 sampai 30 menit dan bilas.

10. Masker alpukat, minyak kelapa, dan lidah buaya.

foto: Pixabay/jillwellington

Bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat masker wajah yaitu alpukat, minyak kelapa, dan lidah buaya. Ketiga bahan ini bisa mengatasi rambut kering, gatal, dan mengatasi ketombe.

Adanya kandungan asam folat, zat besi, dan magnesium di dalam alpukat bisa menutup kutikula pada rambut. Kutikula tertutup maka bisa melindungi rambut dari kerusakan. Sementara itu, adanya minyak kelapa dan lidah buaya membantu menutrisi dan melembapkan rambut.

Cara membuat masker rambut dari alpukat, minyak kepala, lidah buaya cukup mudah. Nah, caranya cukup campurkan 1 buah alpukat, 2 sdm gel lidah buaya, 1 std minyak kelapa. Kemudian campurkan semua bahan menjadi satu. Setelah itu, oleskan semua bahan pada wajah secara merata. Jika sudah diamkan kurang lebih 30 menit.

11. Yoghurt.

foto: Pixabay/schaferle

Yoghurt memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B, vitamin D, dan protein yang bisa digunakan untuk merawat rambut kering secara maksimal. Selain itu, yoghurt bisa membantu melembapkan, mengurangi kerusakan, dan memperkuat rambut.

Nah, cara membuat masker rambut dari yoghurt cukup mudah. Pertama campurkan 1 cangkir yogurt, 1 sdm cuka apel, dan 1 sdm madu secara merata. Jika sudah, aplikasikan secara merata pada rambut. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.