Wanita ini bagikan tutorial makeup ala Jepang, hasilnya mirip anime

15 / 11 / 2022 07:00 WIB

Brilio.net - Kamu pasti sudah sering melihat anime Jepang, misalnya Sailor Moon, Cardcaptor Sakura, dan sebagainya. Mereka selalu tampil kawaii atau cute, bola mata lebar, pipi merona merah, wajah mungil dan bulu mata lentik. Makeup kawaii akan berfokus pada riasan mata bak boneka.

Makeup ini bisa kamu pakai untuk acara seru-seruan bareng sahabat atau foto lucu-lucuan. Bisa juga untuk makeup cosplay. Sebenarnya tidak sulit membuat wajahmu mirip tokoh anime Jepang. Seperti yang baru-baru ini dibagikan oleh salah satu beauty enthusiast di akun TikTok miliknya @sucansfx.

foto: TikTok/@sucansfx

Pada video yang berdurasi 54 detik tersebut, Sucan sang pemilik akun membagikan tutorial makeup ala Jepang dengan hasil yang mirip dengan tokoh anime. Pertama, ia menunjukkan wajahnya tanpa makeup, bahkan ia tampak baru bangun tidur. Selanjutnya, ia memasang bando sebagai persiapan makeup-nya agar rambutnya tak mengganggu proses makeup yang akan ia lakukan.

Tahap awal yang dilakukan, Sucan mulai membersihkan wajahnya menggunakan toner. Kemudian mulai mengaplikasikan cushion di wajahnya secara merata. Setelah itu, ia menggunakan contour di bagian dahi, hidung, hingga bawah bibirnya untuk memberikan dimensi pada wajahnya. Lalu di-blend agar tampak lebih natural. Setelah dirasa cukup, ia kemudian melanjutkan dengan memakai bedak tabur menggunakan brush untuk mengeset complexion-nya.

foto: TikTok/@sucansfx

Berpindah ke bagian alis, Sucan memulai dengan membingkai alisnya menggunakan pensil alis berwarna hitam. Lalu, melanjutkannya dengan mengisi bagian-bagian alis dengan menggunakan brush makeup. Pada kelopak matanya, Sucan membubuhkan eyeshadow warna oranye sebagai dasarnya. Untuk lebih mempertegas, Sucan menambahkan warna yang lebih tua di bagian ujung dan bawah matanya.

Hal terpenting yang menjadi ciri khas makeup kawaii ala Jepang adalah mata lebar. Untuk mendapatkan look ini, Sucan mengaplikasikan eyeshadow warna cokelat di bawah matanya untuk memberikan kesan mata yang lebih besar layaknya boneka. Setelah itu, ia mengaplikasikan eyeliner di kelopak matanya dan bawah mata membentuk garis-garis seperti bulu mata.

foto: TikTok/@sucansfx

Agar tampak lebih natural, Sucan menambahkan sedikit concealer di ujung matanya, untuk meng-highlight atau memberikan dimensi pada riasan matanya. Ia kemudian memakai bulu mata palsu dan menambahkan softlens warna abu-abu.

Beralih ke bagian pipi, Sucan mengulaskan blush on powder di bagian tulang pipi tepat di bawah mata dan hidungnya. Hal ini ia lakukan untuk mendapatkan tampilan wajah lebih fresh dan imut. Tak lupa, ia menambahkan highlighter di beberapa bagian wajah seperti, hidung, inner corner mata, dan dagunya.

foto: TikTok/@sucansfx

Tahap terakhir adalah penggunaan lipstik. Sucan memilih mengaplikasikan lipstik dengan model cherry lips. Pertama, ia mengaplikasikan lipstik warna oranye sebagai dasarnya. Lipstik ini juga bisa menjadi produk yang mampu menutupi warna bibir yang hitam. Lebih lanjut, ia menambahkan liptint warna merah tua di bibir bagian dalamnya, lalu mengakhirinya dengan mengulaskan lipgloss.

Setelah proses makeup-nya selesai, Sucan kemudian berganti kostum dengan dress berwarna pink dan wig panjang berwarna silver brown, dengan kacamata ber-frame hitam untuk mendapatkan tampilan mirip dengan tokoh-tokoh anime Jepang.

foto: TikTok/@sucansfx

Video unggahannya tersebut sontak viral dan mengundang berbagai reaksi dari warganet. Hingga saat ini videonya sudah ditonton sebanyak 414 ribu kali dan menuai lebih dari 340 komentar beragam. Tak sedikit yang memuji skill makeup-nya, sampai menganggap beda orang.

"Cantik bgt," komentar akun @sitijenab502.

"99% hampir mirip uzzlang, cantikk kak," celetuk pemilik akun @sya_ra32.

"jadi kek beda org anjir saking cakepnye," ungkap akun @eonnigabin.

"mamah adaaa animeeee," kata pemilik akun @yourmine169.

"aduccc kawaiii nyaaaaa," tulis akun @alprtar.