Tanpa pakai catokan, begini atasi rambut mengembang bak singa agar halus dan lurus

12 / 01 / 2023 13:19 WIB

Brilio.net - Bagi sejumlah orang, memiliki rambut mengembang sangat mengganggu penampilan. Kamu yang mengalami masalah itu, jangan khawatir, rambut mengambang bisa menjadi lemas, lurus, dan halus dengan menggunakan beberapa cara. Memang, rambut yang lemas dan jatuh menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih lagi kaum hawa. Pasalnya, bagi kaum hawa rambut merupakan mahkota yang perlu dirawat agar tetap terjaga kesehatan dan keindahannya.

Kondisi rambut mengembang itu pun terjadi bukan tanpa sebab. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rambut menjadi mengembang. Faktor itu yaitu paparan sinar matahari dan polusi udara, terlalu sering menggunakan hair styling, menggunakan produk dari bahan kimia, penggunaan produk yang tidak cocok, dan olahraga renang. Nah, olahraga renang ini memiliki kandungan seperti kaporit yang bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang.

Kondisi rambut yang mengembang ini membuat orang tidak percaya diri. Pasalnya, rambut yang mengembang ini membuat kamu terlihat seperti memiliki rambut singa. Jangan khawatir, kondisi ini dapat diatasi tanpa perlu menggunakan catokan. Bahkan cara ini tidak membutuhkan banyak langkah dan tidak menghabiskan waktu kamu. Nah, cara ini dibagikan oleh seorang pengguna TikTok dengan akun @vbonia pada, 23 Januari 2020 lalu.

Nah, cara yang dibagikan oleh @vbonia hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Bahkan, kamu cukup menggunakan satu produk hair care. Penasaran dengan cara mengatasi rambut mengembang agar halus dan lurus tanpa catok?

foto: TikTok/@vbonia

Langkah pertama yang perlu kamu siapkan adalah produk hair care, seperti hair mask. Produk kecantikan yang satu ini memiliki cara kerja yang sama dengan kondisioner.

Walaupun begitu, hair mask ini memiliki formula yang lebih bergizi. Biasanya, hair mask diformulasikan dengan bahan alami, seperti minyak almond, argan oil, rose oil, dan ekstrak tumbuhan. Maka dari itu, tidak heran jika hair mask bisa memperbaiki rambut rusak, melembapkan, dan membuat warna rambut lebih tahan lama.

foto: TikTok/@vbonia

Nah, produk tersebut sudah kamu siapkan, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah keramas terlebih dahulu. Kamu bisa keramas dengan dua tahapan. Keramas pada tahap pertama menggunakan sampo. Nah, tahapan ini bertujuan untuk membersihkan rambut dari kotoran yang menempel pada permukaan kulit.

foto: TikTok/@vbonia

Setelah itu, bilas dan lakukan keramas untuk tahap kedua. Pada tahapan ini kamu bisa menggunakan kondisioner favorit kamu. Cara mengaplikasikannya yaitu gunakan secara merata pada seluruh rambut. Setelah itu, diamkan kurang lebih dua menit dan bilas menggunakan air biasa.

Jika sudah, langkah berikutnya baru mengaplikasikan hair mask secara merata pada seluruh rambut. Lalu, diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit agar kamu mendapatkan rambut halus dan berkilau. Jika sudah, bilas hair mask tersebut menggunakan air biasa dan pastikan rambut sudah bersih dari sisa penggunaan produk.

Kemudian, keringkan menggunakan handuk atau hairdryer. Namun, sebelum mengeringkan menggunakan hairdryer kamu disarankan menggunakan hair protection agar rambut tetap sehat.

Hanya beberapa waktu saja, rambut mengembang bak singa sudah kembali halus dan lurus. Bahkan, kamu mendapatkan rambut yang mudah diatur. Video yang berisi tips yang diunggah oleh @vbonia itu menarik perhatian hingga ditonton sebanyak 330 ribu pengguna TikTok.

"Bagus kak," tulis akun @Jayantika _14.

"Tiap hari di pake amn?" tanya akun @fckgrl.

"Jangan dongg seminggu 2-3 kali aja," jawab akun @ulux.

"Abis keramasnya itu, pake conditoner ga?" komentar akun @Jazzxx.

"Tetep aja ah," imbuh akun @"Miaá:p.