Tips cegah iritasi saat memakai retinol ala dokter kulit ini bisa optimalkan fungsinya

10 / 01 / 2023 22:41 WIB

Brilio.net - Akhir-akhir ini retinol sedang menjadi skincare yang viral dan banyak diminati karena manfaatnya yang tak diragukan lagi. Hal ini karena retinol merupakan kandungan skincare yang dikenal sebagai agen antiaging sekaligus eksfoliasi yang baik. Namun, terkadang beberapa kondisi kulit tidak dapat menoleransi penggunaan retinol sehingga menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kering. Kondisi ini bisa cukup parah apabila retinol digunakan secara sembarangan.

Selain memperhatikan konsentrasinya, kamu juga harus memakainya dengan cara yang tepat. Pemakaian retinol tak dianjurkan dipakai saat hamil atau menyusui karena bisa berdampak buruk bagi janin. Kamu juga harus memakai tabir surya di pagi hingga sore hari karena pemakaian retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Pemakaian retinol yang dibarengi dengan beberapa bahan aktif lain juga akan membuat rutinitas skincare-mu kurang efektif. Jadi, kamu harus riset atau bertanya pada dokter kulit terlebih dulu untuk memastikan pemakaiannya efektif.


foto: Instagram/@dokterkulitkucom

Nah, jika kamu masih ragu, simak tips sederhana pemakaian retinol dari Dokter Kulit, Arthur Simon melalui akun Instagram-nya @dokterkulitkucom untuk memaksimalkan manfaatnya dan menjaga kondisi wajah tetap sehat saat menggunakan bahan aktif tersebut.

"TIPS PAKAI RETINOL. Untuk kamu yang akan mulai pakai retinol di tahun 2023 ini....baca dulu tipsnya nih!," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun Instagram @dokterkulitkucom, Selasa (10/1).


foto: Instagram/@dokterkulitkucom

Tips pertama yaitu memastikan wajah benar-benar kering saat memakai retinol. Jadi jika memakainya setelah pelembap atau serum lainnya, pastikan produk tersebut benar-benar terserap. Setelah itu, kamu bisa memakai retinol. Kamu juga bisa memastikan produk skincare terserap sempurna dengan mengusap atau menyentuh permukaan kulit.

Jika permukaan kulit tidak begitu licin dan lengket, kamu bisa melanjutkan tahapan pemakaian skincare, termasuk pemakaian retinol. Kemudian pakailah retinol secukupnya meski wajahmu telah mengalami proses penuaan yang cukup jelas. Hal ini sangat penting diperhatikan jika wajahmu mudah teriritasi dan sensitif. Hindari pemakaian retinol setiap hari jika belum terbiasa. Gunakanlah 2-3 kali seminggu di malam hari agar lebih ringan dan aman untuk kulit.


foto: Instagram/@dokterkulitkucom

Efek pemakaian retinol tidaklah instan, sama seperti skincare lainnya. Jadi, kamu harus menggunakannya dengan cara yang tepat dan secara rutin untuk membuat pemakaiannya efektif. Biasanya, efek pemakaian retinol mulai terlihat saat dipakai secara rutin selama 2-3 bulan.

Lebih lanjut, kamu sebaiknya memilih skincare dengan kandungan retinol yang telah memiliki label BPOM agar lebih aman untuk kulit. Jangan gunakan produk yang sumbernya tidak terpercaya. Hindari juga pemakaian krim dokter yang digunakan tanpa resep atau konsultasi terlebih dulu.

foto: Instagram/@dokterkulitkucom

Yang terakhir adalah dengan meletakkan produk skincare di tempat yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari untuk menjaga efektivitas serta kualitasnya. Beberapa jenis kandungan perlu disimpan di tempat yang sejuk agar tidak mudah hancur.

Tak butuh waktu lama, video tips mencegah iritasi saat memakai retinol ala dokter kulit ini pun mengundang berbagai reaksi dari warganet. Bahkan sampai artikel ini ditulis, video unggahan tersebut sudah mendapatkan lebih dari 4.800 tanda suka dan menuai beragam komentar.

foto: Instagram/@dokterkulitkucom

"pake retinol makin jerawatan tapi kulit makin cerah mana mulus pula, gak ada tuh grindil-grindil kecil," komentar pemilik akun @phi__et.

"Retinol buat jerawat dan keriput ampuh," kata akun @iar.shinta.

"Saya sudah pakai karena sudah butuh, dari dulu pengen pakai sebetulnya, tapi harus sabar menunggu karena hamil dan menyusui, setelah lepas menyusui.. saya punya masalah kulit kering dgn skin barrier yg rusak, jadi butuh sabar lagi memulihkan kondisi kulit dulu, baru berani pakai retinol, itupun saya pakai yg mild. Alhamdulillah benar banget, ngaruh dalam hitungan bulan, kerutan semakin hilang," ungkap pemilik akun @arini_fe.

"Alhamdulillah pakai jg dok, baru rutin sebulanan ini. Ga sampe sebulan udh berasa bgt bedanya. Berasa mulus&lbh muda. Padahal ga tiap hari pakai, selang seling, kadang seminggu 2 kali," celetuk akun @yuni.ristiana.100.