Hanya butuh 2 bumbu dapur, begini cara membuat masker antibotak untuk menumbuhkan rambut

04 / 04 / 2023 22:11 WIB

Brilio.net - Botak bisa terjadi akibat beragam faktor, mulai dari faktor keturunan, stres, kondisi medis tertentu, hingga efek kemoterapi. Kebotakan bisa bersifat sementara atau permanen. Botak adalah kondisi saat rambut mengalami kerontokan. Kondisi tersebut umumnya terjadi secara permanen, dan dipicu oleh berbagai hal. 

Sebenarnya, kebotakan terjadi seiring berjalannya waktu dan merupakan bagian proses penuaan. Kebotakan dapat terjadi pada pria dan wanita. Kerontokan pada rambut yang dapat mengakibatkan kebotakan umumnya disebabkan stres emosional dan stres fisik yang diterima oleh tubuh dari paparan radikal bebas polusi lingkungan. 

Meskipun sejauh ini tidak ada metode instan sebagai cara menumbuhkan rambut dalam semalam, namun ada beberapa cara yang bisa yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @nvmee.official pada 9 Maret 2023.

Melalui video unggahan yang berdurasi 28 detik tersebut pemilik akun membagikan cara membuat masker antibotak untuk tumbuhkan rambut hanya butuh 2 bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan adalah jahe dan serai.

“Buat yang suka rawat rambut boleh cobain deh," tulisnya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nvmee.official, Selasa (4/4).

foto: freepik.com

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki manfaat cukup besar bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk untuk mendukung pertumbuhan rambut. Dilansir dari laman Healthline, jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi.

Selain vitamin C dan magnesium, jahe juga memiliki kandungan lain, seperti gingerol, shogaol, dan zingerones. Dari semua kandungan yang terdapat dalam jahe, gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang paling kuat dan berperan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya dalam merangsang pertumbuhan rambut kita.

Berkat kandungan tersebut jahe dipercaya mampu mengurangi rambut rontok berkat aliran darah ke kulit kepala yang lancar. Bahkan, kandungan asam lemak di dalam jahe juga sangat baik untuk mempertebal rambut, lho. Kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak yang ada dalam jahe juga bisa membantu memperkuat akar rambut sekaligus menghidrasi kulit kepala agar tidak kering.