Cuma butuh 2 bahan alami, begini trik tumbuhkan rambut keriting agar lebih lebat dan bebas rontok

02 / 05 / 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Perlu diketahui bahwa rambut manusia memiliki warna, tekstur, hingga bentuk yang berbeda-beda. Keberadaannya berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari, serta membuat kepala tetap hangat ketika cuaca dingin. Selain itu, rambut juga berfungsi sebagai daya tarik dalam interaksi sosial di tengah masyarakat. Seperti diketahui, ada orang yang memiliki rambut lurus maupun rambut keriting.

Setiap jenis rambut memerlukan perawatan yang tepat agar rambut terasa lembut, ringan, dan tetap sehat. Rambut yang tebal, bergelombang, atau keriting cenderung lebih kering, sehingga lebih mudah kusut. Semakin keriting struktur rambut, semakin besar pula potensi keringnya. Hal ini karena sebum lebih sulit menempel pada batang rambut yang keriting.

Berbeda dengan tipe rambut lainnya, rambut keriting memang kerap sulit untuk diatur dan ditata. Belum lagi, tantangan terbesar pemilik rambut keriting adalah mempertahankannya agar tidak terlalu mengembang yang membuat rambut berantakan. Jika tidak dirawat dengan baik, rambut kering dan mudah patah, rontok, dan kusut juga dapat terjadi. Bahkan rambut juga jadi sulit tumbuh.

Maka dari itu, seseorang yang memiliki rambut keriting memerlukan perawatan khusus agar rambut terlihat sehat, bebas rontok, dan mudah diatur. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok @breannadonae pada 29 Oktober 2021. 

Pemilik akun tersebut memberikan trik tumbuhkan rambut keriting agar lebih lebat dan bebas rontok pakai 2 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah lidah buaya dan rosemary oil.

"Treat yourself with this DIY Aloe & Rosemary Growth Hair Mask (Manjakan diri kamu dengan Masker pertumbuhan rambut Aloe & Rosemary ini)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @breannadonae, Selasa (2/5).

foto: freepik.com

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang sangat beragam. Khasiat ini muncul berkat kandungan banyak vitamin (termasuk, vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc. Kandungan vitamin A, C, E, B12, asam folat, dan kolin dalam lidah buaya berperan dalam menutrisi dan memperkuat sel-sel rambut. Selain membuat rambut tampak berkilau, helaian rambut kamu pun jadi tidak mudah patah. 

Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga jenis vitamin ini berkontribusi untuk mempercepat regenerasi sel sekaligus menyehatkan sel-sel rambut. Manfaat lidah buaya untuk rambut yang terkenal adalah merangsang tumbuhnya rambut agar lebih lebat. 

Menggunakan lidah buaya untuk rambut dan kulit kepala secara rutin bisa membuat aliran darah pada kulit kepala meningkat. Fungsi lidah buaya untuk rambut inilah yang dapat membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

Sedangkan, rosemary oil seperti yang dilansir dari Healthline, menyebutkan jika rosemary bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Pasalnya, di dalam minyak rosemary terkandung carnosic acid, juga memiliki kemampuan yang sama dengan minoxidil untuk membantu mengatasi masalah kebotakan karena rambut rontok. Minyak rosemary juga mengandung senyawa bernama camphor. Senyawa ini merangsang aliran darah ke kulit kepala yang merangsang pertumbuhan rambut.