7 Perawatan rambut panjang Asmirandah ini atasi rontok dan antilepek

7 Perawatan rambut panjang Asmirandah ini atasi rontok dan antilepek

Brilio.net - Asmirandah Zantman dikenal sebagai artis multi talenta yang menggeluti banyak bidang di dunia hiburan. Mulai jadi bintang sinetron sampai sutradara video klip. Namanya tenar setelah membintangi sinetron Inikah Rasanya dan Kawin Gantung.

Pada 2008, Asmirandah memulai debut di layar lebar dengan membintangi film Liar sebagai Pepi. Dalam film besutan Rudy Soedjarwo tersebut, ia beradu akting dengan Irgy Ahmad Fahrezy, Raffi Ahmad, dan Intan Nuraini. Selain itu, ia juga membintangi beberapa film lain yaitu Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009), Dalam Mihrab Cinta (2010), dan Jakarta Hati (2012). Kiprahnya di dunia akting diganjar dengan penghargaan sebagai Aktris Terfavorit pada perhelatan Panasonic Gobel Awards 2012 dan Indonesia Kids Choice Awards 2013.

Pesinetron cantik ini memang dikenal memiliki rambut panjang yang tampak lebat dan hitam berkilau. Rambut tebal dan indah yang dimiliki istri dari Jonas Rivanno ini ternyata merupakan buah kerja keras sang mama, Sani Suliwati. Namun, siapa sangka, Andah, begitu dia biasa disapa, dulu ternyata memiliki rambut sangat tipis yang membuatnya tidak percaya diri.

Oleh karena itu, sang mama memberi perawatan khusus yang diterapkan oleh Andah hingga saat ini. Selain itu, ia juga melakukan perawatan dengan produk haircare untuk membuat rambutnya lebih lebat, bebas dari rontok, dan antilepek.

Penasaran apa saja perawatan yang dilakukan Asmirandah untuk rambut panjangnya? Berikut tujuh perawatan rambut panjang Asmirandah yang mampu atasi rontok dan antilepek, seperti briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber,Jumat (21/10).

1. Gunakan sampo bayi.

Perawatan rambut panjang Asmirandah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Hal pertama yang diperhatikan Andah untuk merawat rambut panjangnya adalah menjaga kebersihannya. Andah rutin keramas dua hari sekali dengan menggunakan sampo yang diformulasikan untuk membersihkan kotoran hingga ke kulit kepala dan memperkuat akar rambut.

Sampo adalah salah satu produk perawatan rambut yang digunakan untuk membersihkan kulit kepala dan kotoran, sebum, serta keringat penyebab rambut lepek. Selain menghilangkan kotoran, sampo juga dapat melembutkan dan membuat rambut sehat.

Andah memilih sampo bayi yang memiliki formula lebih lembut dibandingkan sampo dewasa. Hal ini karena sampo bayi cenderung lebih sedikit mengandung racun. Pada sejumlah sampo dewasa, terdapat sejumlah pembersih yang berbahaya seperti sodium lauryl sulfate yang bisa membuat rambut kering.

Sedangkan sampo bayi cenderung memiliki ramuan yang lebih aman dan lembut. Hal ini bisa membantu memperlambat kebotakan dan rambut rontok karena kandungan alami di dalamnya.

2. Pakai kondisioner.

Perawatan rambut panjang Asmirandah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain memilih sampo bayi yang lembut, Andah juga tak pernah melewatkan penggunaan kondisioner setelah selesai keramas. Penggunaan kondisioner yang tepat sesuai jenis rambut dapat mengurangi masalah pada rambut, salah satunya kerontokan. Bahkan, perawatan rambut yang satu ini membantu memperkuat folikel untuk mencegah rambut rusak. Apalagi bagi Andah yang memiliki rambut panjang, penggunaan kondisioner secara rutin mampu membuat rambut menjadi lebih kuat sehingga kerontokan bisa dicegah.

3. Vitamin rambut.

Perawatan rambut panjang Asmirandah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tips perawatan rambut selanjutnya ala Asmirandah yaitu rutin menggunakan vitamin rambut. Nah, cara ini bisa memberikan sejumlah manfaat bagi rambut. Seperti diketahui, hair vitamin sangat berguna untuk kamu yang punya rambut mudah patah, rontok, dan sulit diatur. Tak hanya itu, hair vitamin juga dinilai lebih intensif dalam melembapkan dan menutrisi rambut. Kandungan vitamin E yang cukup banyak di dalamnya mampu menutrisi dan melembapkan tiap helai rambut tanpa membuatnya lepek.

4. Aplikasikan hair tonic.

Perawatan rambut panjang Asmirandah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Memiliki rambut yang panjang dan rentan rontok membuat Andah harus rutin menggunakan hair tonic untuk menjaga rambutnya agar tetap sehat. Seperti diketahui, hair tonic memiliki fungsi utama yaitu menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok dan mudah patah.

Biasanya, tonik rambut mengandung ekstrak ginseng atau lidah buaya yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Dengan pemakaian teratur, rambut rontok dijamin berkurang. Begitupun dengan Andah yang selalu mengaplikasikan hair tonic setelah keramas untuk menjaga rambutnya tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

5. Pakai minyak urang-aring.

Perawatan rambut panjang Asmirandah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Rambut yang tipis dan mudah lepek membuat Andah kerap kali tidak percaya diri. Oleh karena itu, sang mama memberikan perawatan rambut untuk mempertebal dan merangsang pertumbuhan rambut Andah menggunakan minyak urang-aring.

Urang-aring memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat. Sari tumbuhan ini kaya vitamin E dan vitamin D. Urang-aring juga mengandung magnesium, kalsium, dan zat besi. Semuanya dibutuhkan untuk menjaga kesuburan dan kesehatan batang rambut.

Dari penelitian yang dilakukan pada hewan, minyak urang-aring dapat membantu menumbuhkan rambut. Bukan hanya itu, minyak ini juga mampu mencegah rambut rontok karena dapat meningkatkan folikel rambut dan lebih efektif dibandingkan dengan pemakaian obat anti rambut rontok. Minyak urang-aring juga mengandung vitamin E yang dikenal sebagai molekul antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat menghambat pertumbuhan rambut rontok. Berkat minyak urang-aring, kini, rambut Andah tampak lebih lebat, bebas rontok, dan berkilau alami.

6. Gunakan masker lidah buaya.

Perawatan rambut panjang Asmirandah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya melakukan perawatan dengan produk-produk yang diformulasikan untuk merawat rambutnya, Andah juga melakukan perawatan menggunakan bahan alami sebagai masker rambut. Andah menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut untuk membuat rambutnya lembut dan tetap sehat. Hal ini karena lidah buaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambut.

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi untuk regenerasi sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan rambut berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat menjaga rambut agar tidak rontok. Dengan begitu, meski memiliki rambut yang panjang, Andah tak perlu khawatir rambutnya akan menjadi rusak dan kusut.

Andah rutin menggunakan masker ini sekali dalam seminggu. Ia biasanya menggunakan lidah buaya sebelum keramas dengan mengoleskan daging lidah buaya beberapa saat dan dilanjutkan keramas seperti biasa.

7. Rutin lakukan creambath.

Perawatan rambut panjang Asmirandah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tidak hanya merawat rambut dengan produk hair care, di tengah kesibukannya, Andah pun tetap menyempatkan untuk melakukan perawatan rambut di salon. Biasanya ia melakukan creambath minimal dua kali dalam satu bulan di salon langganannya. Menurutnya, memiliki rambut panjang dan lebat tentu rentan terhadap kerontokan karena itu harus rutin dirawat.

Creambath adalah perawatan rambut dan kulit kepala untuk melembapkan rambut yang kering, melembutkan dan memberi nutrisi pada rambut, serta mencegah rambut dari kerusakan. Seperti diketahui, rambut yang panjang akan rentan mengalami kusut, kering, dan patah. Oleh karena itu, dengan rutin melakukan creambath, rambut akan lebih mudah diatur, lembap, dan lembut meskipun digerai saat beraktivitas seharian.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES