5 Perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet ini bikin antilepek dan bebas rontok

5 Perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet ini bikin antilepek dan bebas rontok

Brilio.net - Pemilik nama lengkap Ayudia Chaerani Albar atau yang lebih dikenal dengan Ayudia Bing Slamet merupakan seorang aktris dari keluarga besar Bing Slamet, pelawak senior Tanah Air. Kariernya dalam dunia hiburan diawali dengan membintangi beberapa sinetron dan film Indonesia. Namun, namanya mulai dikenal banyak orang ketika membintangi film layar lebar berjudul Ketika.

Setelah memutuskan untuk berhijab usai melahirkan sang buah hati, Ayudia Bing Slamet banyak mengalami masalah kesehatan rambut. Istri Muhammad Pradana Budiarto itu sempat merasa terganggu dan shock dengan kondisi rambutnya setelah berhijab. Ayudia sering mengalami gatal dan lepek akibat tak tepat merawat rambut.

Tak hanya itu, wanita berusia 32 tahun ini juga sering mengalami rambut rontok. Hal ini tentunya membuatnya bingung dan sedikit kaget. Ibu satu anak ini juga sering mendapatkan rambutnya bergimbal atau kusut, sehingga mengalami kesulitan menyisir rambut.

Ayudia pun tak tinggal diam melihat permasalahan rambut yang ia alami. Karena dirinya punya cara tersendiri dalam merawat rambutnya sehingga kini ia tak lagi khawatir dengan rambutnya yang harus tertutup hijab sepanjang hari. Penasaran kan apa saja perawatannya?

Yuk, simak lima perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet, seperti briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/12).

1. Rutin keramas 2 hari sekali.

Perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagai seorang wanita berhijab dan memiliki jenis rambut yang mudah berminyak, Ayudia harus benar-benar memperhatikan kebersihan rambutnya. Seperti diketahui, rambut berhijab cenderung akan lebih mudah berminyak dan lepek. Begitupun dengan Ayudia yang menggunakan hijab sepanjang hari. Ia selalu menggunakan produk sampo yang disesuaikan dengan jenis rambutnya.

Oleh karena itu, dirinya selalu rutin keramas setiap dua hari sekali. Namun, jika ia memiliki aktivitas padat yang mengharuskannya berada di outdoor dalam waktu yang lama, ia biasa keramas di malam hari sepulang beraktivitas. Ia juga menggunakan sampo yang diformulasikan untuk pengguna hijab dengan kandungan yang menyegarkan kulit kepala. Dengan begitu, meski rambutnya tertutup sepanjang hari, ia tak khawatir rambutnya lepek dan rontok.

2. Pakai kondisioner.

Perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain menggunakan sampo khusus rambut berhijab, Ayudia juga menggunakan kondisioner dalam merawat rambut. Ia menuturkan, kondisioner berguna untuk menutrisi dan memelihara kesuburan rambut. Penggunaan kondisioner yang tepat sesuai dengan jenis rambut dapat mengurangi rambut rontok. Bahkan, perawatan rambut ini dapat membantu memperkuat folikel untuk mencegah rambut rusak. Dengan begitu, rambutnya akan tetap sehat dan terhindar dari kerontokan meski berhijab sepanjang hari.

3. Gunakan hair tonic.

Perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet Berbagai sumber

foto: freepik.com

Setelah keramas, Ayudia selalu mengaplikasikan hair tonic untuk merawat rambut berhijabnya yang kerap kali mengalami kerontokan. Umumnya tonik untuk rambut dikenal karena manfaatnya untuk merangsang pertumbuhan, sehingga dapat menghindari rambut dari masalah seperti ketombe, bahkan rambut rontok. Biasanya, tonik rambut jenis ini mengandung ekstrak, ginseng, atau lidah buaya yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Dengan pemakaian teratur, rambut rontok dijamin berkurang.

4. Pastikan rambut kering sebelum berhijab.

Perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet Berbagai sumber

foto: freepik.com

Memastikan rambut kering sebelum pakai hijab adalah salah satu tips penting untuk menjaga kesehatan rambut. Seperti diketahui, rambut yang masih basah akan mudah rapuh sehingga akan menyebabkan rambut patah dan rontok. Tak hanya itu, rambut yang masih basah dan dipaksa untuk tertutup hijab akan merangsang minyak pada kulit kepala sehingga lebih mudah lepek dan mengakibatkan munculnya ketombe. Oleh sebab itu, Ayudia selalu membiarkan rambutnya benar-benar kering sebelum mengenakan hijab. Bisa menggunakan hair dryer atau hanya diangin-anginkan sampai kering.

5. Lakukan creambath.

Perawatan rambut berhijab ala Ayudia Bing Slamet Berbagai sumber

foto: freepik.com

Ayudia merawat rambut berhijabnya dengan rutin menjalani treatment creambath minimal satu bulan sekali untuk memberikan nutrisi pada rambut. Biasanya ia melakukan treatment creambath di salon langganannya. Creambath adalah perawatan rambut dan kulit kepala untuk melembapkan rambut yang kering, melembutkan dan memberi nutrisi pada rambut, serta mencegah rambut dari kerusakan.

Karena seperti yang diketahui bahwa rambut berhijab akan rentan mengalami kerontokan karena tertutup hijab selama seharian penuh. Oleh karena itu, dengan melakukan creambath, akan bermanfaat untuk merawat batang dan akar rambut, sehingga tidak mudah rontok.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES