9 Tips jago public speaking, bikin kamu tambah pede di segala kondisi

9 Tips jago public speaking, bikin kamu tambah pede di segala kondisi

Brilio.net - Jago public speaking tentu jadi dambaan setiap orang, kemampuan public speaking yang baik membuat kita lebih pede untuk tampil dan ngomong di depan banyak orang. Namun asal kamu tau juga, kemampuan public speaking bukan hanya tentang kamu berani tampil dan ngomong di depan banyak orang, tetapi public speaking yang baik juga tentang bagaimana kamu bisa menyampaikan ide dan pemikiran mu secara verbal dan non verbal sehingga membuat orang yang menerima dapat memahaminya dengan baik.

Memang, tak semua orang pandai berbicara di depan umum, banyak orang yang juga menganggap bahwa ngomong di depan banyak orang adalah hal yang menegangkan bahkan mengerikan. Tetapi kamu percaya deh, punya kemampuan public speaking yang baik akan sangat membantu mu dalam segala kondisi. Kemampuan public speaking tentu tak serta merta didapatkan begitu saja, perlu adanya latihan dan praktik nya langsung.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber beberapa tips agar kamu bisa jago public speaking, Minggu (22/8).

1. Kenali audiens.

Tips Jago Public Speaking  2021 brilio.net

foto: pinterest/williammills.com

Memahami audiens akan membantu dan memudahkan kamu dalam menyampaikan tujuan dari omongan yang ingin disampaikan. Mengenali audiens, berarti kamu sudah melakukan riset tentang latar belakang pendidikan mereka, usia, ataupun jabatan mereka. Hal ini akan sangat membantu dalam memahami para audiens ketika kamu mulai ngomong di depan mereka.

2. Pahami apa yang ingin disampaikan.

Tips Jago Public Speaking  2021 brilio.net

foto: pinterest/archinect.com

Kamu harus paham apa yang ingin kamu sampaikan.Sebelum kamu berbicara, penting nih, buat kamu untuk banyak membaca atau diskusi tentang materi yang ingin kamu sampaikan.

3. Pemilihan alur dan bahasa yang sederhana.

Tips ketiga ini penting dilakukan, supaya isi omongan tertata dan tidak bertele-tele, usahakan setiap konteks gunakan bahasa yang sederhana, agar mudah dipahami, karena setiap orang mempunyai pemahaman yang berbeda-berbeda. Pemilihan bahasa yang sederhana akan membantu menyelaraskan tujuan dari apa yang ingin kamu sampaikan, agar tidak terjadi pemahaman yang berbeda.

4. Buka dengan kalimat yang berkesan.

Hal ini berfungsi untuk mengundang minat orang untuk mendengarkan kamu. Kalimat pembuka yang berkesan akan secara otomatis membuat kamu menjadi pusat perhatian dan orang-orang akan antusias untuk mendengarkan isi pembicaraanmu.

5. Berinteraksi bersama audiens.

Tips Jago Public Speaking  2021 brilio.net

foto: pinterest/newshunt360.com

Berinteraksi bersama audiens berarti kamu membangun komunikasi dua arah, hal ini harus kamu lakukan supaya para audiens nggak jenuh dengan isi omonganmu. Interaksi ini bisa dilakukan dengan bertanya kepada audiens, ga perlu pertanyaan yang serius sih, pertanyaan yang mampu membuat gelak tawa pun bisa kamu lakuin supaya audiens merasa pembicaraannya terasa menyenangkan.

6. Intonasi suara diperhatikan.

Gunakanlah intonasi nada suara yang tenang, atur temponya, hal dilakukan supaya audiens dapat memahami isi pembicaraan dengan baik. Misalnya nih, kamu nggak bisa mengatur nada suara dan mengatur temponya bisa bisa apa yang kamu sampaikan bermakna ganda dan terasa sia-sia karena tidak tersampaikan dengan baik kepada para audiens.

7. Perhatikan manajemen waktu.

Tips Jago Public Speaking  2021 brilio.net

foto: pinterest/thedailybeast.com

Karena keasyikan ngomong terkadang membuat kita lupa akan waktu sehingga membuat manajemen waktu ketika ngomong jadi berantakan, banyak materi yang belum tersampaikan karena keteledoran waktu. Tentu, kamu tidak mau ini terjadi. Jadi penting buat kamu dalam manajemen waktu supaya semua isi materi tersampaikan seluruhnya kepada audiens.

8. Percaya diri.

Tips Jago Public Speaking  2021 brilio.net

foto: pinterest/newshunt360.com

Percaya diri akan menjadi kunci sukses ketika kamu berbicara di depan orang banyak, buatlah seolah dirimu orang yang hebat. Kamu nggak usah ragu dengan materi yang kamu sampaikan, buatlah dirimu nyaman dan rileks. buang semua pikiran negatif dan fokus apa yang ingin kamu sampaikan.

9. Latihan dan minta saran dari orang lain.

Tips Jago Public Speaking  2021 brilio.net

foto: pinterest/freepik.es

"Practice makes perfect", latihan terus menerus. Suatu hal yang terus menerus kamu latih tentu akan menjadi kebiasaan sehingga kamu akan lebih percaya diri lagi untuk tampil dan ngomong depan orang banyak. Lalu, kamu harus minta saran orang lain juga, saran ini akan menjadi evaluasi untuk tampil maksimal ketika kamu ngomong di depan orang banyak.


Nah, itu tadi deretan tips biar kamu makin jago public speaking. Setiap orang akan menjalani fase untuk ngomong di depan banyak orang. Jadi, ayo belajar! Semoga berhasil.

Reporter : Johari Saputra

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES