Wajah tetap kencang di usia lanjut, ini cara membuat krim antikeriput pakai 1 jenis bumbu dapur

Wajah tetap kencang di usia lanjut, ini cara membuat krim antikeriput pakai 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Kulit akan kehilangan kelenturannya sehingga muncul garis halus dan keriput seiring dengan bertambahnya usia. Meski penuaan kulit itu alamiah, kebiasaan dan pola makan juga dapat mempercepat keriput muncul sejak dini. Kondisi ini membuat kulit menjadi tipis, kering, dan kendur. Elastisitas kulit pun berkurang sehingga timbul keriput.

Kerutan paling sering muncul pada bagian sekitar mata, garis senyum, dan daerah lipatan lainnya. Berbagai produk perawatan kulit dengan klaim dapat mencegah bahkan mengatasi masalah tersebut pun banyak dijual di pasaran. Meski demikian, hal yang sering kali dilupakan adalah perawatan luar saja tidaklah cukup. Untuk mencegah keriput, kamu mesti mengimbangi penggunaan skincare dengan pola makan sehat dan bergizi seimbang.

Tidak cukup dengan itu, kamu juga mesti menghindari kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebab kulit wajah cepat keriput. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan adalah relaksasi wajah, rajin membersihkan wajah dua kali sehari, mengatur posisi tidur, memilih kosmetik yang cocok dengan kulit, dan rajin menggunakan sunscreen di dalam maupun luar rumah.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memaksimalkan perawatan guna mencegah munculnya keriput pada wajah. Salah satunya seperti video unggahan dari akun TikTok @lunasrasoighar pada 17 Februari 2023 lalu. Dalam unggahan tersebut, sang pemilik akun membagikan cara membuat krim antikeriput pakai 1 jenis bumbu dapur.

Bumbu dapur yang digunakan adalah bawang putih. Tak hanya bawang putih, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu tepung jagung, baby oil, aloe vera gel, dan cinnamon oil.

"The best collagen for eliminating wrinkles on your face PLEASE DONT USE IF YOURE ALLERGIC TO THE INGREDIENT (Kolagen terbaik untuk menghilangkan kerutan di wajah HARAP JANGAN DIGUNAKAN JIKA ANDA ALERGI TERHADAP BAHAN )," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @lunasrasoighar, Senin (29/5).

Cara membuat krim antikeriput pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang putih merupakan salah satu bahan pangan yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur. Siapa sangka bahan bernama latin Allium sativum ini memiliki manfaat untuk kecantikan. Jika pada umumnya orang lebih mengenal fungsi lain bawang putih untuk kesehatan, banyak penelitian membuktikan bawang putih mengandung berbagai senyawa penting untuk kecantikan kulit.

Polifenol dalam bawang putih dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sulfur di dalamnya meningkatkan produksi kolagen dan membantu memudarkan garis-garis halus dan kerutan. Kedua kandungan ini bisa membuat kulit lembut, kenyal, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Sedangkan tepung jagung memiliki kandungan antioksidan, seperti vitamin A, C, dan E yang akan menghasilkan sejumlah manfaat. Mulai dari mengatur produksi minyak, pengangkatan sel kulit mati hingga menghaluskan kulit. Tepung jagung juga mengandung protein dan berbagai mineral seperti tembaga, seng, fosfor, dan magnesium yang diklaim dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES