Wajah makin mulus dan kencang, dokter ini bagikan cara menggunakan air mineral untuk perawatan kulit

Wajah makin mulus dan kencang, dokter ini bagikan cara menggunakan air mineral untuk perawatan kulit

Brilio.net - Perawatan kulit wajah yang bikin cerah dan awet muda ternyata nggak cuma bisa kamu dapatkan dari produk skincare. Kamu bisa merawat wajah hanya dengan air mineral. Kaya akan mineral esensial seperti kalsium, magnesium, dan kalium, air mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki berbagai masalah kulit.

Nah salah satu manfaat utama air mineral adalah kemampuannya untuk menghidrasi kulit. Mineral seperti magnesium dan kalium membantu menjaga kelembapan kulit dengan mengikat molekul air, sehingga membantu kulit tetap lembap dan kenyal.

Melansir dari us.nenaskincare.com, Minggu (26/5) kandungan mineral dalam air mineral bisa menjaga keseimbangan pH kulit. Keseimbangan pH yang optimal penting untuk mencegah kulit dari masalah seperti kekeringan atau kelebihan minyak yang dapat menyebabkan jerawat dan iritasi

Sementara itu, air mineral mengandung sulfur yang dikenal karena sifat antiinflamasi dan antibakterinya. Kandungan sulfur ini membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang sensitif atau meradang, serta membantu dalam penyembuhan luka dan peradangan.

Selain itu, air mineral juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi lingkungan. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput

Nah, cara menggunakan air mineral untuk perawatan kulit, kamu bisa mengikuti trik yang dibagikan oleh Dokter Reisa Broto Asmoro. Lewat unggahan video di kanal YouTubenya, ia ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti, sebagai berikut"

Gunakan air mineral sebagai ice facial.

cara menggunakan air mineral untuk perawatan kulit berbagai sumber

foto: YouTube/reisabrotoasmoro518

Kamu bisa menggunakan air mineral dengan mengaplikasikannya menjadi ice facial. Cara pertama yaitu bekukan terlebih dahulu air mineral jadi es batu. Oleskan es batu setiap bangun tidur. Masukkan es batu ke dalam handuk bersih. Usap secara perlahan dan lakukan selama beberapa detik.

Cuci muka dengan air mineral dingin.

cara menggunakan air mineral untuk perawatan kulit berbagai sumber

foto: YouTube/reisabrotoasmoro518

Cara yang kedua yaitu masukkan air mineral ke dalam kulkas. Diamkan selama satu malam. Kemudian, gunakan untuk mencuci muka di pagi hari setelah bangung tidur.

"Suhu air yang rendah akan memberikan efek pengencangan kulit wajah secara instan." jelas Dokter Reisa.

Setelah mencuci muka menggunakan air dingin, lanjutkan dengan membasuhnya memakai air hangat. Menurut Dokter Reisa air hangat berkhasiat membuka pori-pori wajah, sehingga serum atau pelembap lebih meresap ke kulit.

Air mineral jadi face spray atau face mist.

cara menggunakan air mineral untuk perawatan kulit berbagai sumber

foto: YouTube/reisabrotoasmoro518

Cara menggunakan air mineral untuk perawatan wajah juga bisa dijadikan sebagi face spray atau face mist. Caranya muda saja, kamu hanya perlu menyiapkan botol spray bersih. Kemudian masukkan air mineral ke dalam botol spray dan tutup rapat.

"Kamu bisa menyemprotkan face spray ini pada muka, segar kan. Atau bisa juga lho masukkan rendaman timun untuk memberikan khasiat lebih ke facial spray," ujar Dokter Reisa.

Dampak kulit saat kekurangan asupan air.

Tahukah kamu jika tubuh selalu membutuhkan air? Kadar air dalam tubuh perlu kamu ketahui itu berkisar 60 persen hingga 70 persen dari berat badan. Menurut Dokter Reisa jika asupan air berkurang kulit bisa jadi kering dan dehidrasi.

Nggak cuma kering, kulit jadi tampak kusam. Air membantu menjaga kelembapan kulit dengan menghidrasi sel-sel kulit. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air, kulit kehilangan kelembapan alaminya yang menyebabkan kulit terlihat kering, pecah-pecah, dan kurang bercahaya.

Selain itu, kurangnya hidrasi dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit. Produksi minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori, sehingga berujung pada munculnya jerawat. Kemudian kulit yang kering lebih mudah teriritasi, sehingga dapat memperburuk kondisi seperti eksim dan dermatitis.

Melansir dari hive.rochesterregional.org, Minggu (26/5) air penting untuk proses penyembuhan luka dan perbaikan kulit. Kekurangan air dapat memperlambat proses penyembuhan dan membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi.

(brl/lea)

tags

STORIES