Wajah bersih dan bebas jerawat, ini trik membuat cleansing balm pakai 5 bahan alami

Wajah bersih dan bebas jerawat, ini trik membuat cleansing balm pakai 5 bahan alami

Brilio.net - Guna menjaga kesehatan wajah, membersihkannya secara rutin merupakan hal yang wajib. Salah satu produk yang bisa kamu gunakan adalah cleansing balm. Cleansing balm adalah pembersih wajah berbentuk balsam. Banyak orang memilih cleanser ini karena dinilai lebih efektif dalam membersihkan kotoran dan sisa makeup, serta mengandung nutrisi yang bisa menyehatkan dan mempercantik kulit wajah.

Selain berfungsi membersihkan wajah, cleansing balm juga dapat melembapkan dan menghidrasi kulit, serta dianggap lebih ampuh membersihkan kulit dibandingkan pembersih lain yang berbahan gel atau air. Cleansing balm dapat menghapus riasan, kotoran, keringat, dan minyak berlebih di kulit.

Pembersih wajah ini umumnya digunakan oleh orang dengan tipe kulit kering. Kendati begitu, orang dengan tipe kulit berminyak juga diperbolehkan menggunakannya. Karena sebagian besar formula cleansing balm adalah minyak, maka pembersih ini juga bisa membantu menarik kelebihan minyak di wajah.

Penggunaan cleansing balm juga dianggap cukup praktis, yaitu cukup dioleskan lembut di wajah dengan jari sembari dipijat sampai kotoran dan riasan terangkat. Namun, setelahnya kamu perlu menyeka residu minyak di wajah dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air.

Sudah banyak sekali produk cleansing balm yang dijual di pasaran, namun jika menurutmu harganya cukup menguras kantong, tak perlu khawatir, karena kamu bisa kok membuat cleansing balm sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @beautyhacks7777 pada 3 Januari 2023 lalu.

Dalam video tersebut, pemilik akun membagikan trik membuat cleansing balm pakai 5 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah jojoba oil, beeswax, shea butter, lavender oil, dan vitamin E.

"DIY oil based cleanser for skin brightening (Pembersih berbasis minyak untuk mencerahkan kulit)," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautyhacks7777, Selasa (28/3).

Jojoba oil kaya akan bahan penambah kecantikan seperti vitamin E, vitamin B kompleks, tembaga, dan zinc. Jojoba oil juga merupakan minyak hypoallergenic yang dapat membantu menghilangkan kotoran, makeup, dan bakteri dengan mudah. Beeswax juga mengandung senyawa antibakteri sehingga dapat merawat kebersihan kulit.

Tak hanya itu, kandungan antiinflamasi dan antiseptic kuat yang ada dalam beeswax pun bisa bekerja untuk merawat kesehatan kulit. Yakni dengan menekan reaksi peradangan kulit, menenangkan, dan merevitalisasi sel yang bermasalah. Sedangkan, shea butter memiliki beragam kandungan asam lemak di dalamnya.

Trik membuat cleansing balm pakai 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Komposisi unik pada shea butter ini mampu membantu membersihkan kulit dari minyak berlebih. Penggunaan pembersih wajah atau perawatan kulit dengan kandungan shea butter membuat kulit tidak menjadi kering atau menyebabkan minyak berlebih.

Sementara itu, lavender oil dapat mencerahkan kulit, melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, mengatasi peradangan, menyembuhkan luka, mengobati gigitan serangga. Minyak yang melembapkan ini juga bisa membantu menghapus sisa makeup dan kotoran pada pori-pori wajah.

Begitupun dengan vitamin E yang memiliki beragam manfaat, yaitu dari mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Manfaat ini didapat karena vitamin E yang dikonsumsi akan diserap oleh lapisan epidermis kulit dan digunakan untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES