Trik meratakan warna kulit wajah karena flek hitam cuma pakai 3 bahan dapur, mulus tanpa laser

Trik meratakan warna kulit wajah karena flek hitam cuma pakai 3 bahan dapur, mulus tanpa laser

Brilio.net - Flek hitam adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kehitaman pada beberapa area kulit. Masalah ini biasanya muncul pada area kulit yang rentan terpapar sinar matahari. Seperti wajah, kulit tangan, lengan, hingga leher.

Banyak faktor yang memicu munculnya flek hitam. Seperti paparan sinar matahari, genetik, hormon, penggunaan kosmetik atau skincare yang tidak cocok, penuaan, dan penyakit tertentu. Namun, sinar UV matahari lah yang menjadi penyebab paling umum munculnya flek hitam.

Seringnya beraktivitas di luar ruangan tanpa perlindungan ekstra dan penggunaan tabir surya, akan membuat kulit secara otomatis memproduksi melanin berlebih sebagai upaya perlindungan alami dari efek buruk sinar matahari. Melanin ini lah yang akan menyebabkan munculnya bercak-bercak kehitaman di area kulit. Sehingga warna kulit tidak merata.

Meski tak menimbulkan rasa sakit, tapi flek hitam dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Maka tak heran jika banyak orang mencari cara untuk meratakan warna kulitnya agar lebih mulus dan cerah tanpa belang. Seperti unggahan dari akun TikTok @lifewjan pada 12 Maret 2023, yang menggunakan 3 bahan dapur untuk meratakan warna kulit dan memudarkan flek hitam. Bahan dapur yang digunakan adalah yoghurt, madu, dan bubuk kunyit.

"diy brightening mask (masker pencerah buatan sendiri)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @lifewjan, Rabu (8/11).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES