Trik mengatasi jerawat memerah pakai bumbu kunyit, bantu redakan peradangan kulit

Trik mengatasi jerawat memerah pakai bumbu kunyit, bantu redakan peradangan kulit

Brilio.net - Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, kunyit juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Meski sering meninggalkan noda berwarna kuning di jari-jari tangan, kunyit masih banyak digunakan sebagai campuran masker alami yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat di wajah.

Cara menyembuhkan jerawat dengan kunyit bisa jadi alternatif yang baik. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang bisa membantu menyingkirkan jerawat. Kurkumin yang ada dalam kunyit mampu menangani banyak kondisi peradangan, termasuk jerawat. Selain menyembuhkan jerawat, kunyit juga membantu memudarkan bintik hitam bekas jerawat. Manfaat lain kunyit untuk kesehatan kulit, seperti memperlambat penuaan dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi UV.

Kunyit bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat dengan cara topikal maupun oral. Kunyit kerap dimasukkan ke dalam campuran masker atau dikonsumsi langsung dalam bentuk minuman. Dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat kunyit sebagai skincare. Di antaranya, membuat wajah lebih glowing, menyembuhkan luka, menyamarkan bekas jerawat, dan membantu mengontrol kondisi kulit.

Agar mendapatkan manfaat kunyit untuk jerawat, cara termudahnya adalah dengan memasukkan bumbu dapur ini ke dalam makanan atau minuman yang akan kamu konsumsi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung kunyit. Apabila masih merasa kurang afdal karena tidak mengoleskan kunyit langsung ke wajah, kamu bisa membuat masker kunyit sendiri di rumah. Lantas bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini, yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/1).

1. Siapkan alat dan bahan.

Trik atasi jerawat memerah pakai bumbu kunyit freepik.com

foto: freepik.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang kamu butuhkan. Di antaranya adalah bubuk kunyit, madu, air hangat, mangkuk, spatula, dan kuas masker. Kamu bisa menggunakan bubuk kunyit yang dijual di pasaran serta madu murni berbagai merek. Kandungan antibakteri dan fungsi melembapkan madu dapat bekerja sama untuk mengempiskan jerawat dan memberi nutrisi pada kulit.

2. Campurkan bahan-bahan.

Trik atasi jerawat memerah pakai bumbu kunyit freepik.com

foto: freepik.com

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan dua sendok teh bubuk kunyit dengan setengah sendok teh madu pada mangkuk, dan air hangat secukupnya. Kemudian aduk menggunakan spatula hingga bahan bertekstur seperti pasta. Kamu bisa menambahkan salah satu bahan jika belum mendapatkan tekstur yang kamu inginkan.

3. Oleskan pada wajah.

Trik atasi jerawat memerah pakai bumbu kunyit freepik.com

foto: freepik.com

Jika bahan-bahan sudah tercampur rata, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah. Utamakan pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan hingga 10 menit. Namun, sebelum mengoleskan masker ini, pastikan wajahmu benar-benar bersih dan dalam kondisi kering, ya. Hal ini dilakukan agar manfaat kunyit bisa lebih optimal.

4. Bilas dengan air dingin.

Trik atasi jerawat memerah pakai bumbu kunyit freepik.com

foto: freepik.com

Setelah 10 menit, saatnya kamu membilas masker dengan menggunakan air dingin. Pastikan membilas wajah sampai benar-benar bersih agar tidak meninggalkan noda kuning pada wajah. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan penggunaan perawatan kulit lainnya, seperti menggunakan toner, serum, pelembap, atau tabir surya. Ulangi pemakaian 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meski penggunaan kunyit untuk mengatasi jerawat diklaim aman, kamu tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, bumbu dapur ini juga dapat memicu reaksi alergi saat dioleskan ke kulit. Karena itu, sebelum mengoleskan masker kunyit ke kulit wajah, kamu disarankan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengoleskan masker kunyit ke siku bagian dalam, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Lihat reaksi yang muncul. Jika muncul iritasi, ruam, atau kemerahan di kulit dalam waktu 24 jam setelah diolesi kunyit, sebaiknya jangan gunakan masker kunyit ke kulit wajah, karena ada kemungkinan kamu memiliki alergi terhadap kunyit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES