Trik hilangkan flek hitam hanya pakai 1 jenis lalapan, hasilnya auto glowing sampai dikira oplas

Trik hilangkan flek hitam hanya pakai 1 jenis lalapan, hasilnya auto glowing sampai dikira oplas

Brilio.net - Flek hitam yang muncul di wajah memiliki kaitan yang erat dengan terjadinya peningkatan melanin. Zat ini memberi warna pada kulit, mata, dan rambut. Terjadinya peningkatan melanin ini dapat menyebabkan pembentukan flek hitam atau hiperpigmentasi di beberapa area kulit.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab meningkatnya produksi melanin, pertama yaitu paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) dapat merangsang melanosit atau sel khusus yang menghasilkan melanin. Hal ini merupakan bentuk respons pertahanan alami pada tubuh terhadap paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit.

Faktor kedua, flek hitam bisa disebabkan oleh adanya perubahan hormonal, seperti selama masa kehamilan dan menopause. Selain itu, terjadinya peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat, luka, bakar, atau infeksi juga bisa merangsang melanosit dan meningkatkan produksi melanin.

Agar flek hitam pada wajah tersebut hilang dan kulit tampak glowing, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan dengan treatment yang tepat. Gunakan produk skincare dengan kandungan asam kojik, asam glikolat, dan asam askorbat (vitamin C) yang bisa mengurangi hiperpigmentasi.

Di sisi lain, agar flek hitam cerah dengan cepat, kamu bisa menggunakan treatment yang melibatkan dokter kecantikan. Dalam klinik tersebut terdapat treatment peeling kimia yang mampu mengangkat lapisan kulit atas sehingga flek hitam berubah cerah kembali.

Kini tanpa menggunakan treatment tersebut, flek hitam ini bisa pudar dengan sendirinya. Caranya yaitu kamu bisa memakai masker yang terbuat dari satu jenis lalapan. Nah, bahan yang dimaksud adalah kacang panjang. Memang terdengar aneh, sayuran yang biasanya digunakan untuk bahan masakan ini ternyata memiliki kemampuan untuk merawat kulit.

Kacang panjang atau biasa disebut okra ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan mencerahkan. Adanya minyak jarak atau castor oil, menjadi pelembap alami yang bisa menghidrasi kulit dengan baik. Lalu, sifat antiinflamasi dalam minyak jarak dan kacang panjang ini juga dapat meredakan peradangan pada kulit.

Cukup menggunakan kedua bahan di atas, flek hitam pada wajah ini bisa pudar. Lantas bagaimana cara membuat masker dari jenis lalapan tersebut? Nah, bagi kamu yang belum tahu caranya, yuk simak tutorial yang dibagikan pengguna YouTube I Am That Girl, Selasa (26/9).

(brl/ola)

tags

STORIES