Trik enyahkan iritasi dan wajah kering pakai masker dari 1 jenis buah, kulit auto kenyal seharian

Trik enyahkan iritasi dan wajah kering pakai masker dari 1 jenis buah, kulit auto kenyal seharian

Brilio.net - Kulit manusia pada dasarnya memiliki berbagai jenis dan tipe, beberapa di antaranya adalah kulit normal, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit kering. Nah, salah satu jenis kulit yang sering ditemui ini adalah kulit kering dan sensitif.

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang cenderung kehilangan kelembapan dengan cepat, sehingga lapisan pelindung kulit menjadi begitu lemah dan akhirnya mudah teriritasi. Orang-orang dengan tipe kulit ini seringkali mengalami ketidaknyamanan seperti rasa tertarik, kemerahan, gatal, hingga rasa terbakar pada kulit mereka. Selain itu, orang dengan tipe kulit kering dan sensitif seringkali menjadi lebih rentan terhadap penuaan dini, seperti munculnya kerutan.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki jenis kulit kering dan sensitif selain faktor genetika. Salah satu alasan utamanya adalah paparan kondisi tajam dari lingkungan seperti angin kering, sinar matahari yang berlebihan, hingga hawa dingin sekalipun yang dapat memicu hilangnya kelembapan alami kulit. Selain itu, beberapa kondisi medis kulit seperti dermatitis, eksim, dan rosacea juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Ketika dihadapkan pada masalah ini, tentunya solusi yang harus dicari adalah mendapatkan produk yang dapat memberikan hidrasi dan kelembapan penuh pada kulit. Nah, di samping kamu bisa membeli berbagai produk skincare komersil, kamu juga bisa lho memanfaatkan berbagai bahan alami seperti buah-buahan. Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @_tylerflanagan di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (7/7) yang menggunakan buah alpukat, yogurt, beserta madu sebagai solusinya.

iritasi dan wajah kering  Instagram

foto: freepik.com

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehat dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan lemak alami pada alpukat bekerja dengan menjaga kelembapan kulit dan kekenyalannya.

Sementara itu, kandungan dalam alpukat berfungsi melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Alpukat juga mengandung vitamin E, yang memiliki sifat penyembuhan dan turut membantu melembapkan kulit yang iritasi.

iritasi dan wajah kering  Instagram

foto: freepik.com

Makanan hasil fermentasi susu ini mengandung asam laktat alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru. Kandungan bakteri baik dalam yogurt bekerja dengan menjaga keseimbangan pH kulit, mencegah infeksi, dan mengurangi peradangan. Selain itu, yogurt memiliki sifat melembapkan dan menenangkan kulit yang sensitif, sehingga baik untuk menangani masalah iritasi dan kulit kering.

iritasi dan wajah kering  Instagram

foto: freepik.com

Madu merupakan bahan alami yang telah diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Kandungan nutrisi enzim dan vitamin dalam madu membantu memberi kelembapan pada kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, madu juga dapat mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit sensitif.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES