Trik bikin jerawat meradang kempes cuma pakai 1 bahan minuman, auto adem dan nggak sakit lagi

Trik bikin jerawat meradang kempes cuma pakai 1 bahan minuman, auto adem dan nggak sakit lagi

Brilio.net - Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh setiap orang, terutama pada masa remaja. Jerawat terbentuk ketika terjadi penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Nah, munculnya jerawat sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa hal mulai dari perubahan hormon, produksi minyak berlebih, bakteri penyebab jerawat seperti propionibacterium acnes, dan ketidakseimbangan hormon. Bahkan, faktor eksternal seperti stres, polusi, dan konsumsi makanan yang tidak dijaga pun dapat mempengaruhi kemunculan jerawat lho.

Faktanya, jerawat memiliki banyak jenis. Ada yang hanya berupa bakal jerawat seperti komedo yang umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Sementara itu, jenis jerawat mendalam seperti pustula, nodul, dan kista justru dapat menimbulkan rasa sakit yang intens akibat peradangan. Jerawat mendalam ini disebabkan oleh bakteri propionibacterium acnes yang berkembang biak secara cepat di area sempit dan tertutup di bawah jaringan kulit luar. Akibatnya, jerawat yang muncul terkesan menjadi merah, bengkak, dan cenderung menyakitkan.

Sebagai tindakan perawatan, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang memiliki khasiat ampuh dalam mengatasi radang jerawat ini. Salah satu caranya cukup dengan menggunakan bungkus teh hijau sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (21/7) dari @beglamrs di Instagram.

jerawat meradang kempes  Instagram

foto: freepik.com

Selain enak diminum, teh hijau mengandung beberapa komponen bermanfaat yang dapat menyembuhkan peradangan akibat jerawat. Misalnya, senyawa polifenol dalam teh hijau memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan membantu melawan bakteri yang berperan dalam pembentukan jerawat. Selain itu, teh hijau juga mengandung catechins sebagai komponen antioksidan dan anti-inflamasi untuk membantu menyembuhkan kulit yang meradang akibat jerawat. Plus, teh hijau kaya akan vitamin E yang aktif menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

(brl/wen)

tags

STORIES