Tanpa treatment laser, wanita ini tunjukkan cara hilangkan kutil pakai scrub dari 1 jenis karbohidrat

Tanpa treatment laser, wanita ini tunjukkan cara hilangkan kutil pakai scrub dari 1 jenis karbohidrat

Brilio.net - Kamu mempunyai kutil yang terlihat jelas oleh mata? Munculnya kutil di permukaan kulit menjadi masalah yang umum dan dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk wajah. Tentu adanya kutil di area terbuka membuat kamu tidak percaya diri, kan? Tak heran jika banyak orang yang mencari cara menghilangkan kutil.

Kutil adalah pertumbuhan kulit yang umumnya berbentuk kecil, kasar, dan menonjol. Mereka biasanya memiliki warna yang sama atau sedikit lebih gelap dari warna kulit sekitarnya. Kutil dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan, kaki, wajah, dan area genital.

Kutil disebabkan oleh infeksi virus papiloma manusia (HPV). Virus ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi, atau melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi virus, seperti handuk dan atau alas kaki.

Setelah terpapar, HPV akan masuk ke dalam kulit melalui luka kecil atau retakan. Kulit yang lembap dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Setelah itu, virus akan mulai bereplikasi di dalam sel epidermis (lapisan terluar kulit). Pertumbuhan kutil dimulai ketika sel-sel kulit terinfeksi berkembang secara tidak terkendali di permukaan kulit, dan menyebabkan pembentukan pertumbuhan kasar yang kita kenal sebagai kutil.

Kutil dapat tumbuh dengan berbagai ukuran, dari yang sangat kecil hingga yang lebih besar. Mereka juga dapat muncul secara tunggal atau dalam kelompok yang lebih besar. Jika munculnya besar, maka penampilan kamu bisa terpengaruh karena kutil ini.

Untuk mengatasinya, orang biasanya melakukan tindakan medis berupa treatment laser. Prosedur ini sering digunakan untuk perawatan kulit. Namun treatment laser dibanderol dengan harga yang bisa bikin kantong kering. Tak hanya itu, menghilangkan kutil dengan laser memberikan sejumlah dampak negatif seperti kemerahan, pendarahan, dan mati rasa.

Ada jalan alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk hilangkan kutil selain laser. Caranya yaitu menggunakan scrub dari bahan alami, seperti yang ditunjukkan oleh seorang beauty vlogger di YouTube @recommendedpreshtv.

Melalui unggahan di kanalnya, ia memanfaatkan bahan alami yaitu kentang, garam, madu murni, dan kulit lemon. Kentang merupakan jenis karbohidrat yang mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan, seperti vitamin C dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan kutil.

Garam memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi infeksi dan peradangan di sekitar kutil. Beberapa orang menggunakan larutan garam untuk merendam area yang terkena kutil dan diaplikasikan langsung ke kutil.

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES