Tanpa tomat, wanita ini bagi tips cerahkan bekas luka menghitam pakai limau dicampur 1 bubuk minuman

Tanpa tomat, wanita ini bagi tips cerahkan bekas luka menghitam pakai limau dicampur 1 bubuk minuman

Brilio.net - Bekas luka menghitam seringkali menjadi perhatian bagi banyak orang. Seiring waktu tubuh mulai membentuk jaringan parut sebagai bagian dari proses penyembuhan. Jaringan parut terbentuk ketika fibroblas, sel-sel yang memproduksi kolagen, menggantikan jaringan yang rusak. Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, tergantung pada ukuran dan kedalaman luka.

Saat kulit mengalami luka, sel-sel melanosit dapat merespons dengan meningkatkan produksi melanin di sekitar area luka. Hal ini bisa menyebabkan bekas luka menjadi lebih gelap dan menghitam. Namun pada beberapa kasus, bekas luka dapat berkembang menjadi hipertrofi atau keloid.

Hipertrofi adalah penumpukan jaringan parut yang lebih besar dari ukuran luka asli, sementara keloid adalah pertumbuhan jaringan parut yang berlebihan di luar batas luka asli. Kedua kondisi ini cenderung memiliki warna yang lebih gelap daripada kulit sekitarnya.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah bekas luka menghitam, salah satunya yang paling aman untuk dicoba adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan seorang wanita lewat Kanal YouTube @alinofficial7673.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES