Tanpa tambahan minyak zaitun, ini trik pudarkan flek hitam akibat pigmentasi pakai 1 jenis rempah

Tanpa tambahan minyak zaitun, ini trik pudarkan flek hitam akibat pigmentasi pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Pigmentasi adalah salah satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bercak atau flek hitam yang menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya flek pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Bercak yang memiliki warna cokelat kehitaman ini akan semakin banyak muncul jika tak segera diatasi dengan perawatan yang tepat. Umumnya masalah ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih, apalagi jika wajah tak terlindungi dengan penggunaan tabir surya.

Pasalnya, sinar UV matahari akan memicu produksi melanin yang berlebih, sebagai upaya perlindungan alami kulit dari dampak buruk sinar matahari. Nah, melanin yang berlebih inilah yang menghasilkan bercak atau flek hitam yang juga disebut dengan hiperpigmentasi. Meski tidak menyebabkan masalah kesehatan, namun flek hitam cukup mengganggu penampilan.

Lantaran dianggap cukup menganggu penampilan, banyak yang mencari cara untuk memudarkannya lewat perawatan medis hingga penggunaan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang dikenal ampuh pudarkan flek hitam adalah minyak zaitun. Padahal, masih ada bahan-bahan alami lainnya yang juga punya manfaatkan yang sama, lho.

Seperti yang ditunjukkan pemilik akun TikTok @layallure pada 28 Maret 2020. Bukan pakai minyak zaitun, pemilik akun tersebut menggunakan satu jenis rempah untuk mengatasi flek hitam. Rempah yang digunakan adalah bubuk kunyit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu yogurt dan madu.

Pudarkan flek hitam akibat pigmentasi Berbagai sumber

foto: freepik.com

Rempah dapur berwarna kuning yang biasanya digunakan sebagai penyedap dan pewarna alami ini ternyata punya banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah menghilangkan flek hitam akibat pigmentasi kulit. Pasalnya, kunyit mengandung antiradikal dan antioksidan untuk mencerahkan wajah. Kandungan kurkumin di dalamnya dipercaya dapat menangkal radikal bebas penyebab flek hitam.

Selain bermanfaat mencerahkan dan melembapkan wajah, yogurt juga efektif untuk mengatasi flek hitam, lho. Manfaatnya ini didapatkan berkat kandungan berbagai vitamin, zinc, dan lactic acid di dalamnya. Sementara madu juga bisa menghilangkan flek hitam karena kandungan gula tinggi yang dapat menjadi eksfoliator kulit. Madu juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu memudarkan flek hitam.

Hanya dengan ketiga bahan alami tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang dipercaya mampu memudarkan flek hitam. Dengan pemakaian yang rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang glowing dan cerah merata. Begini cara membuat dan menggunakannya, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok/@layallure pada Senin (4/12).

Bahan:

Pudarkan flek hitam akibat pigmentasi Berbagai sumber

foto: TikTok/@layallure

1. 1 sendok makan bubuk kunyit
2. 1 sendok makan yogurt
3. Madu secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

Pudarkan flek hitam akibat pigmentasi Berbagai sumber

foto: TikTok/@layallure

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 20-30 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas flek hitam.

@layallure Acne and hyperpigmentation #diy mask and my favorite glow products #aesthetic #esthetician #beauty #skincare #skincareroutine #foru #satisfying in my head - br4infck

(brl/mal)

tags

STORIES