Tanpa serum vitamin C, TikToker ini bagikan cara bikin toner pudarkan flek hitam pakai 2 bahan alami

Tanpa serum vitamin C, TikToker ini bagikan cara bikin toner pudarkan flek hitam pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Flek hitam menjadi salah satu masalah umum yang dialami oleh kebanyakan orang selain jerawat. Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher. Kondisi ini juga disebut dengan hiperpigmentasi.

Bintik hitam cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit putih. Tak hanya wanita, pria juga bisa mengalami masalah kulit yang satu ini. Sebenarnya, munculnya flek hitam terjadi karena melanin di dalam kulit yang berlebihan dan berkumpul pada satu area wajah, sehingga tampak seperti noda berwarna hitam.

Faktor utama penyebab flek hitam di wajah adalah paparan sinar matahari langsung ke kulit yang tidak terlindung sunscreen. Karena Indonesia merupakan negara tropis yang intensitas matahari yang tinggi, maka flek hitam di kulit wajah memiliki potensi tinggi untuk muncul.

Hal ini lah yang menyebabkan produksi melanin secara berlebih pada jaringan kulit, sebagai upaya perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari. Namun kondisi ini justru membuat tampilan wajah terlihat tidak bersih, karena adanya bintik atau flek hitam.

Rendahnya kesadaran menggunakan sunscreen jadi alasan kenapa flek hitam di wajah susah hilang. Nah, jika kamu sudah terlanjur mengalami masalah flek hitam, tak perlu risau. Karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan berbagai produk skincare. Salah satu jenis skincare yang paling banyak digunakan untuk mengatasi flek hitam di wajah adalah serum dengan kandungan vitamin C.

Serum vitamin C memang menjadi salah satu skincare yang ampuh untuk memudarkan flek hitam dan membuat wajah jadi cerah merata. Namun sayangnya, tak semua orang cocok dan mampu membeli serum vitamin C di pasaran.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES