Tanpa serum vitamin C, ini trik usir flek hitam agar wajah jadi glowing pakai 1 sumber karbohidrat

Tanpa serum vitamin C, ini trik usir flek hitam agar wajah jadi glowing pakai 1 sumber karbohidrat

Brilio.net - Flek hitam atau hiperpigmentasi adalah kondisi di mana kulit mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dari warna kulit normal. Ini terjadi karena peningkatan produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit.

Flek hitam sendiri berupa bintik-bintik kecil atau bahkan meluas dalam bentuk luka bakar seperti bintik-bintik besar. Mereka dapat muncul di berbagai bagian wajah, termasuk pipi, dahi, hidung, dan leher sekalipun.

Salah satu faktor yang paling bertanggung jawab atas munculnya flek hitam ialah paparan terus-menerus terhadap polusi dan sinar UV matahari. Hal ini dikarenakan gelombang sinar ultraviolet tipe B (UVB), salah satu jenis gelombang sinar UV, dapat menimbulkan rasa terbakar dan memicu produksi melanin pada kulit.

Selain itu, menempelnya polusi dan debu setelah beraktivitas sehari-hari juga dapat merusak sel-sel kulit sehingga memicu meningkatnya produksi melanin. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi membuat warna kulit menjadi tidak merata akibat flek-flek hitam yang muncul.

Namun begitu, kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi altrnatif yang ampuh selain kebanyakan skincare komersil di luar sana.

Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran oats, kunyit, dan yoghurt seperti yang ditunjukkan oleh @manpreetmannii di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (15/9).

usir flek hitam  Instagram

foto: freepik.com

Oats mengandung senyawa bernama avenanthramides yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi risiko hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari maupun radikal bebas.

Selain itu, sifat eksfoliatif ringan dari tekstur oats dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi flek hitam.

usir flek hitam  Instagram

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES